Sukses

Health

Manfaat Inositol Bagi Kesehatan, Bisa Membantu Memperbaiki Kadar Gula dalam Darah

Fimela.com, Jakarta Inositol adalah nutrisi yang dapat ditemukan di berbagai makanan. Inositol berfungsi sebagai pembantu bagi struktur sel dan regulasi insulin di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi suplemen inositol dapat memberikan manfaat bagi beberapa kondisi kesehatan, seperti kesehatan mental hingga PCOS. Inositol umumnya aman dan dapat diterima dengan baik oleh tubuh.

Inositol terkandung di berbagai makanan yang sering dijumpai sehari-hari, seperti buah-buahan segar (melon dan jeruk), biji-bijian (beras merah dan gandum), kacang-kacangan (almond dan walnut), hingga kacang polong. Inositol mudah untuk dijumpai di keseharian kita, Inositol juga memiliki banyak dampak baik bagi tubuh. Dilansir dari Health, berikut adalah manfaat dari inositol bagi tubuh.

Dapat mengurangi gejala kondisi kesehatan mental

Inositol dapat mengurangi gejala-gejala yang ada pada kondisi kesehatan mental tertentu. Terdapat penelitian yang menunjukkan bahwa inositol dapat membantu meredakan gejala dari anxiety, bipolar disorder, depresi, eating disorders, obsessive-compulsive disorder (OCD), dan panic disorder. Myo-inositol adalah bentuk adri inositol yang dapat memengaruhi mood seseorang di dalam otak. Penggunaan inositol juga cenderung tidak memberikan efek samping yang berat seperti pada obat-obatan lainnya.

Dapat mengurangi gejala PCOS

Polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah gangguan hormon yang terjadi pada wanita di masa suburnya. Sindrom PCOS meliputi siklus menstruasi yang berantakan, infertilitas, nyeri panggul, pertumbuhan rambut berlebih pada wajah, dada, perut, atau paha, kenaikan berat badan, dan munculnya jerawat. Tidak ada obat untuk menyembuhkan PCOS, tetapi Inositol dapat membantu mengurangi berbagai gejala dari PCOS.

Dapat mengurangi gejala yang berhubungan dengan sindrom metabolisme

PCOS dapat meningkatkan risiko sindrom metabolisme dalam tubuh. Sindrom metabolisme adalah kondisi kesehatan yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, hingga diabetes tipe 2. Inositol dapat mengurangi gejala-gejala yang berhubungan dengan sindrom metabolisme tersebut.

Dapat memperbaiki kadar gula darah penderita diabetes tipe 2

Inositol dapat memebrikan dampak yang baik bagi para penderita diabetes tipe 2. Salah satu contohnya terdapat pada penelitian kecil yang melibatkan beberapa orang dengan diabetes tipe 2 untuk mengonsumsi suplemen inositol dua kali sehari selaam tiga bulan. Hasil dari eksperimen tersebut adalah inositol mempercepat penururan kadar gula dalam darah selama tiga bulan tersebut. Selain itu, tidak ditemukan efek samping dari pengonsumsian suplemen inositol tersebut.

Meningkatkan kesuburan

Inositol dapat meningkatkan kesuburan dengan menginduksi ovulasi. Ovulasi adalah saat ketika sel telur berpindah dari ovarium ke tuba falopi sebagai persiapan untuk pembuahan. Pada saat inilah yang dinamakan masa subur. Inositol juga bermanfaat bagi orang yang memiliki infertilitas akibat jumlah sperma yang rendah. Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa inositol dapat meningkatkan fungsi sperma.

 

Penulis: Karina Alya.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading