Sukses

Health

Daftar Buah yang Harus Dihindari Saat Asam Lambung Kambuh

Fimela.com, Jakarta Saat mengalami masalah asam lambung yang naik, penting bagimu untuk memperhatikan pola makan dan memilih makanan dengan bijak untuk mencegah gejala yang tidak nyaman seperti nyeri dada, mulas, dan gangguan pencernaan lainnya.

Selain makanan yang pedas dan minuman berkafein tinggi, ternyata beberspa jenis buah kurang baik untuk penderita asam lambung, lho. Sebab, buah-buahan tertentu justru dapat memicu peningkatan asam lambung dan memperburuk kondisi tersebut.

Sahabat Fimela, agar terhindar dari konsumsi buah yang berpotensi memperburuk kondisi asam lambung, berikut Fimela telah merangkum beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari saat mengalami penyakit asam lambung kambuh!

4 Buah yang Dapat Memperburuk Kondisi Asam Lambung, Sebaiknya Dihindari!

Buah Jeruk

Buah jeruk– termasuk diantaranya jeruk nipis– memiliki kandungan asam sitrat yang tinggi, yang dapat merangsang produksi asam lambung dalam lambung. Asam sitrat dapat mengiritasi lapisan lambung dan memperparah gejala asam lambung seperti mulas dan rasa terbakar di dada.

Selain mulas dan rasa terbakar, buah jeruk berikut jeruk nipis juga dapat mengganggu fungsi katup antara kerongkongan dan lambung. Jika sudah demikian, maka dapat menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan.

Tomat

Tomat juga mengandung tingkat keasaman yang tinggi, terutama dalam bentuk saus tomat atau jus tomat. Keasaman dalam tomat dapat menyebabkan peningkatan produksi asam lambung dan memicu gejala asam lambung seperti mulas dan rasa terbakar di dada.

Di samping itu, tomat juga mengandung senyawa yang disebut likopen. Senyawa yang satu ini diketahui dapat memperparah iritasi lambung pada orang yang sensitif terhadap asam.

Buah Nanas

Hayo, siapa suka buah yang satu ini? Yup, nanas yang mengandung enzim bromelain juga dapat meningkatkan produksi asam lambung dan memperburuk gejalanya. Bromelain juga dapat memperlambat proses pencernaan dan menyebabkan gas dan kembung sehingga dapat berujung pada tekanan terhadap lambung dan akhirnya memicu refluk.

Buah Beri yang Asam

Beberapa buah beri seperti stroberi, cranberry, dan blueberry mengandung tingkat keasaman yang tinggi, yang dapat merangsang produksi asam lambung. Konsumsi buah beri yang berlebihan atau dalam bentuk jus dapat memperparah gejala asam lambung seperti mulas dan rasa terbakar di dada.

Meskipun buah-buahan ini dapat meningkatkan risiko gejala asam lambung, penting untuk diingat bahwa setiap orang bereaksi secara berbeda terhadap makanan tertentu. Beberapa orang mungkin dapat mentoleransi konsumsi buah-buahan tertentu dalam jumlah kecil tanpa mengalami gejala yang signifikan.

Akan tetapi, jika Sahabat Fimela mengalami masalah dengan asam lambung, sebaiknya hindari atau batasi konsumsi buah-buahan ini dan konsultasikan dengan dokter atau ahli gizi untuk saran lebih lanjut mengenai pola makan yang sesuai. Selain itu, penting juga untuk mengonsumsi makanan lain yang lebih bersahabat dengan lambung, seperti sayuran non-asam, protein tanpa lemak, dan karbohidrat kompleks, untuk membantu mengurangi gejala asam lambung dan meningkatkan kesehatan pencernaan secara keseluruhan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

  • Penyakit asam lambung dikenal juga dengan istilah sakit mag, indigestion, atau dispepsia. Mag merupakan nyeri yang berasal dari lambung.

    Asam Lambung

  • Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah penyakit kronik pada sistem pencernaan

    GERD

  • Refluks

Loading