Sukses

Health

Di Balik Rasanya yang Pahit, Ternyata Daun Pepaya Memiliki Ragam Khasiat yang Baik Buat Tubuh! Apa Saja Ya?

Fimela.com, Jakarta Pepaya terkenal akan daging buahnya yang manis, lembut, dan berkhasiat untuk dimakan. Tapi, siapa sangka bila daun dari tanaman ini juga memiliki beragam manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Yup, di balik rasanya yang pahit, ternyata daun pepaya mengandung sejumlah kebaikan di dalamnya, seperti antioksidan, kalori, protein, vitamin A, C, B1, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan berbagai kandungan gizi tersebut, nggak heran bila bahan alami satu ini sering dijadikan obat untuk mengatasi banyak permasalahan kesehatan tubuh. Buat yang penasaran apa saja ragam khasiat baik dari daun pepaya, simak informasinya berikut ini.

1. Mengatasi Demam Berdarah

Penyakit demam berdarah alias DBD wajib selalu diwaspadai, apalagi bagi masyarakat yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia. Masalah kesehatan ini dapat menyerang siapa saja tanpa mengenal usia dan juga gender. Jika sekali terkena dan hanya dibiarkan saja, bisa-bisa DBD dapat membuat tubuh semakin lemas, meningkatkan risiko pendarahan, hingga dapat berujung pada kematian.

Untungnya, mencegah dan mengatasi DBD kini bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya yaitu memanfaatkan daun pepaya. Bahan alami ini sendiri bekerja dengan meningkatkan kadar trombosit dalam darah, sehingga berbagai gejala DBD yang dirasakan bisa segera mereda. Selain itu, beberapa senyawa di dalam daun pepaya pun juga memiliki khasiat sebagai antivirus untuk menangkal berbagai macam jenis penyakit.

2. Meredakan Sakit Tenggorokan

Sedang mengalami sakit tenggorokan? Jangan khawatir, masalah kesehatan satu ini bisa banget diredakan dengan menggunakan ramuan dari daun pepaya. Di dalam daun pepaya sendiri terdapat enzim papain yang memiliki ragam kebaikan, termasuk pula melegakan tenggorokan, mengatasi peradangan, hingga mengatasi penumpukan lendir atau dahak di tenggorokan. 

Untuk cara ini, cobalah merebus beberapa helai daun pepaya yang sudah dibersihkan. Ketika sudah mendidih, dinginkan sebentar dan lalu bisa kamu minum. Cara lainnya adalah membuat daun pepaya menjadi olahan jus. Meskipun rasanya pahit, tapi khasiat yang akan didapatkan tentunya bisa sangat beragam. Jadi, jangan lupa dicoba, ya.

3. Mengurangi Nyeri Haid

Untuk para perempuan yang sering mengalami nyeri saat datang bulan, daun pepaya ini dapat dimanfaatkan sebagai obat efektif untuk meredakannya. Daun pepaya sendiri bekerja dengan menyeimbangkan hormon dalam tubuh, sehingga siklus menstruasi menjadi lebih teratur dan lancar. Selain itu, di dalam bahan alami ini juga terdapat semacam senyawa yang berguna untuk memperlancar keluarnya darah dari dalam rahim.  

4. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Buat yang ingin kulit dan rambutnya tetap sehat, maka khasiat dari daun pepaya bisa banget dimanfaatkan. Tahukah kamu bahwa daun pepaya mengandung kadar antioksidan dan asam amino yang tinggi. Ketika ragam nutrisi ini masuk ke dalam tubuh, rambut kamu bisa tumbuh dengan baik dan terjaga kesehatannya. Selain itu, kulit pun bisa tetap bersih, halus, dan terbebas dari berbagai permasalahan yang berpotensi mengganggu penampilan. 

See, sebanyak itu manfaat baik yang ada pada daun pepaya. Menariknya lagi, saat ini kamu bisa menikmati ragam khasiat daun pepaya lewat obat herbal berkualitas. Nggak perlu ribet untuk bikin jus daun pepaya lagi, sebab hadirnya obat herbal dengan ekstrak daun pepaya ini bisa langsung dikonsumsi sehari-harinya. Bahkan, beberapa produk ini pun dibikin dengan dalam bentuk mini capsule, sehingga kamu bisa lebih mudah dalam meminumnya. Tertarik merasakan manfaatnya?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading