Sukses

Health

Gender Selection, Tren Pejuang Garis Dua untuk Anak Kedua

Fimela.com, Jakarta Pada tahun 2023, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) resmi merilis laporan bahwa kini 1 dari 6 pasangan memiliki masalah kesuburan atau infertilitas. Infertilitas adalah kondisi di mana pasangan yang sudah menikah satu tahun atau lebih, rutin berhubungan seksual tanpa kontrasepsi namun tidak kunjung mendapatkan kehamilan.

“Infertilitas itu adalah suatu ketidakmampuan pasangan yang tidak dapat menghasilkan keturunan dalam satu tahun pernikahan setelah berhubungan intim rutin dilakukan tanpa pengaman,” ujar dr. Tiara Kirana, Sp.And, dokter spesialis andrologi Bocah Indonesia.

Infertilitas bisa disebabkan oleh beberapa faktor, baik dari istri maupun suami. Hal ini merupakan masalah bersama bagi pasangan suami istri. Angka fertilitas yang semakin tinggi membuat WHO menyebut hal ini merupakan masalah serius. Hal tersebut membuat pemeriksaan kesuburan dan kesehatan reproduksi penting dilakukan.

Kenapa harus bergegas ke klinik fertilitas?

Saat ini untuk pasangan yang sudah menikah dan berencana menjalani program hamil, sering kali tidak sadar bahwa memeriksakan kesuburan sebelum menikah dan memiliki anak adalah hal yang penting. Hal ini pastinya akan menjawab pertanyaan “kapan punya anak?”, “sudah lebih dari setahun menikah belum punya anak?”, atau “mama udah pengen gendong cucu nih, jadi kapan?”. Pertanyaan tersebut dapat dijawab ketika pasangan tersebut memutuskan untuk memilih program hamil di klinik fertilitas.

Salah satu klinik fertilitas yang memiliki layanan pemeriksaan kesuburan dan program hamil terpadu adalah Bocah Indonesia. Klinik fertilitas yang berdiri sejak 2019 ini berada di dua lokasi, yakni Jakarta (Jl. Gaya Motor Raya No.15, Sunter, Jakarta Utara) dan Tangerang (RS Primaya Tangerang Lantai 7).

Pemeriksaan kesuburan, awalan menuju keberhasilan

Pada wanita, pemeriksaan kesuburan bisa dilakukan dengan tes ultrasonografi (USG). Menariknya, di Bocah Indonesia pemeriksaan USG menjadi lebih menarik dengan campaign Untukmu, 5 Menit*, dan Gak Sakit. Jika diperlukan pemeriksaan atau tindakan lebih lanjut maka akan dilakukan prosedur laparoskopi atau histeroskopi. 

Semakin bertambahnya usia, kondisi kesuburan wanita akan menurun. Memasuki usia 35 tahun maka kondisi kesuburan akan menurun secara signifikan. Hal ini disebabkan jumlah dan kualitas sel telur yang kian berkurang sehingga proses pembuahan pun membutuhkan lebih banyak waktu.

Untuk mengetahui jumlah cadangan sel telur maka diperlukan tes hormon Anti-Mullerian Hormone (AMH). Pemeriksaan ini penting bagi Bunda yang ingin memantau dan membantu diagnosis adanya masalah ovarium. Salah satu gangguan kesuburan yang bisa dilihat dari hasil tes AMH adalah sindrom ovarium polikistik (PCOS).

Sadar akan pentingnya kesehatan reproduksi juga membuat pasangan yang akan menikah melakukan pemeriksaan organ reproduksi atau pre-marital check up. Data dari POGI (Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia) tahun 2023 menyatakan bahwa 3460 dokter Obgyn adalah Laki--laki dan 1810 dokter Obgyn Perempuan, menariknya bagi wanita yang merasa malu atau tidak nyaman memeriksakan USG Transvaginal dengan dokter laki-laki, pemeriksaan akan dibantu oleh perawat perempuan dan saat pemeriksaan akan didampingi oleh pasangan. 

Masalah kesuburan tidak hanya terjadi pada wanita, infertilitas juga bisa disebabkan oleh pria. Beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gangguan infertilitas pada Ayah adalah hormonal, gangguan fisik, gangguan seksual, hingga riwayat medis. Maka dari itu, pemeriksaan analisa sperma perlu dilakukan.

Jika Bunda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis obstetri dan ginekologi atau yang lebih dikenal dengan sebutan dokter obgyn, maka Ayah melakukan konsultasi dengan dokter spesialis andrologi. Pada sisi pemeriksaan Ayah, dokter yang menanganinya langsung oleh dokter spesialis andrologi. Jumlah dokter spesialis andrologi di Bocah Indonesia pun lebih banyak demi memenuhi kebutuhan para Ayah di Indonesia untuk segera GarisDua.

Fasilitas dan Layanan, Tingkatkan Keberhasilan

Bocah Indonesia memiliki beberapa fasilitas unggulan, salah satunya adalah Ayah Bunda akan didampingi oleh dokter yang sama selama menjalani program hamil (dari awal pemeriksaan hingga tindakan).

Bocah Indonesia memperkuat layanan bisnisnya sebagai Integrated Fertility Solution yang berkomitmen untuk membantu Ayah Bunda dalam mengatasi permasalahan kesuburan serta menentukan program hamil yang tepat, seperti program hamil alami, senggama terjadwal, inseminasi intra uterin (IUI), dan bayi tabung (IVF). Sebagai bentuk kepedulian dan integritas Bocah Indonesia tidak pernah memaksa Ayah Bunda untuk memilih jenis promil tertentu sebab pilihan program hamil akan ditentukan sesuai kondisi masing-masing.

Untuk pemeriksaan awal, Bocah Indonesia menyediakan Paket Bocah 4 Langkah (B4L) sebagai screening awal pasangan yang ingin menjalani program kehamilan. Paket Bocah 4 Langkah merupakan paket pemeriksaan terpadu untuk Ayah (termasuk analisa sperma) dan Bunda (termasuk USG Transvaginal). Khususnya untuk pasien yang pernah mencoba program bayi tabung (IVF) dan mengalami kegagalan, Bocah Indonesia menyediakan layanan Embriology Counseling baik secara online maupun offline.

Menariknya, pada program hamil bayi tabung sendiri, Ayah Bunda bisa melakukan gender selection atau pemilihan jenis kelamin bayi. Proses gender selection ini bisa dilakukan melalui Pre-Implantation Genetic Testing (PGT).

Bocah Indonesia menyediakan layanan Pre-Implantation Genetic Testing for Aneuploidy (PGT-A). PGT-A  merupakan teknologi yang dilakukan untuk mendeteksi kelainan genetik dan jenis kelamin pada embrio. Melalui pemeriksaan ini, Ayah Bunda dapat mengetahui kualitas dan jenis kelamin embrio yang akan ditanam bebas dari kelainan genetik.

Bagi pasangan suami istri yang berasal dari luar kota (Jabodetabek) dan ingin melakukan pemeriksaan, Bocah Indonesia juga menyediakan layanan antar-jemput pasien 24 jam sehari, 7 kali dalam seminggu. Dalam melakukan penjadwalan atau pembelian layanan, Ayah Bunda dapat menghubungi tim Marketing melalui Mincah ke WhatsApp 0812 9589 6864 atau melalui DM Instagram Bocah Indonesia (@bocahindonesia_) serta situs resmi Bocah Indonesia di bocahindonesia.com, dan untuk layanan Customer Care dapat menghubungi 021 50 200 800. Setiap bulannya Bocah Indonesia selalu memberikan informasi dan promo program hamil menarik untuk pasangan yang ingin segera mendapatkan keberhasilan kehamilan.

Bocah Indonesia telah terbukti membantu lebih dari 18.000** pasangan Ayah Bunda yang memiliki masalah kesuburan. Oleh sebab itu, tingkat keberhasilan program hamil di Bocah Indonesia sesuai data PERFITRI Desember 2023 mencapai 40% melalui fresh embryo transfer dan 44,6% melalui frozen embryo transfer pada program bayi tabung, sedangkan menurut data VARTA (Victorian Assisted Reproduction Treatment Authority) pada Desember 2023, tingkat keberhasilan Bocah Indonesia sebesar 51% untuk rata-rata pasien <35 tahun.

Tingkat keberhasilan tersebut merupakan upaya wujud komitmen dan sinergi tim Bocah Indonesia untuk selalu siap mendampingi serta membantu permasalahan Ayah Bunda dalam hal kesuburan dan rencana menjalani program kehamilan. 

Maksimalkan keberhasilan kehamilan karena di Bocah Indonesia #SelaluAdaHarapan.

#Unlocking The Limitless

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading