Sukses

Health

7 Tanda Kolesterol Tinggi yang Jarang Orang Pahami

Fimela.com, Jakarta Kolesterol tinggi adalah masalah kesehatan yang serius dan bisa meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke jika tidak diatasi dengan tepat. Kolesterol adalah zat lemak yang ditemukan dalam darah, dan dibutuhkan tubuh untuk fungsi-fungsi tertentu, seperti pembentukan sel-sel tubuh dan produksi hormon. Namun, ketika kolesterol dalam darah terlalu tinggi, ini bisa menyebabkan penumpukan lemak di dalam arteri dan meningkatkan risiko penyakit jantung.

Maka penting bagi kita untuk selalu menjaga kadar kolesterol dalam darah. Kita tidak tahu kapan masalah kolesterol ini akan memperburuk kondisi kehatan. Jadi, pastikan kamu memahami tanda jika kolesterol dalam tubuhmu tinggi.

Sahabat Fimela, berikut ini adalah 7 tanda kolesterol tinggi yang jarang disadari. Yuk, cek penjelasannya di bawah ini.

Nyeri Dada

Jika kamu mengalami nyeri atau ketidaknyamanan di dada, ini bisa menjadi tanda bahwa arterimu telah terpengaruh oleh penumpukan plak akibat kolesterol tinggi. Nyeri dada ini seringkali disebut sebagai angina, dan merupakan tanda bahwa jantung tidak mendapat cukup aliran darah.

Masalah Pernapasan

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri yang memasok paru-paru dengan darah. Hal ini dapat mengakibatkan kesulitan bernapas atau sesak napas, terutama selama aktivitas fisik.

Sering Merasa Lelah

Jika sering merasa lelah atau lemas tanpa alasan yang jelas, ini bisa menjadi tanda bahwa tubuhmu tidak mendapat cukup aliran darah karena penumpukan plak akibat kolesterol tinggi.

Sakit Kepala

Kolesterol tinggi juga dapat menyebabkan sakit kepala yang sering atau parah. Ini terjadi ketika aliran darah ke otak terganggu akibat penumpukan plak di arteri.

Gangguan Penglihatan

Kolesterol tinggi juga dapat mempengaruhi mata. Penumpukan plak di arteri yang memasok mata dengan darah dapat menyebabkan gangguan penglihatan, seperti penglihatan kabur atau hilangnya penglihatan sebagian.

Nyeri pada Kaki

Jika kamu  merasakan nyeri atau kram pada kaki ketika berjalan atau berolahraga, ini bisa menjadi tanda bahwa aliran darah ke kakimuterganggu akibat penumpukan plak akibat kolesterol tinggi.

Bintik-bintik Kuning di Kulit

Tanda terakhir jika bintik-bintik kuning muncul di sekitar mata atau di bagian tubuh lainnya. Bintik-bintik ini disebut sebagai xanthelasma dan merupakan tanda bahwa lemak telah menumpuk di bawah kulit.

Sahabat Fimela demikian 7 tanda kolesterol tinggi yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi ini bermanfaat ya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading