Sukses

Health

10 Jus Terbaik untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol

Fimela.com, Jakarta Keadaan darah tinggi dan kolesterol tinggi adalah dua faktor risiko yang seringkali terkait dengan penyakit jantung dan stroke. Dalam upaya menjaga kesehatan kardiovaskular, ada berbagai langkah yang bisa ambil. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi jus-jus yang sehat dan alami.

Buah dan sayuran bisa dikonsumsi setiap hari untuk menurunkan kolesterol dengan cepat. Kandunga vitamin dan serat di dalamnya, juga bisa menjaga kesehatan jantung maupun organ tubuh lainnya. Pastikan mengonsumsi jus ini tanpa gula.

Terlalu banyak gula saat membuat jus, justru akan meningkatkan kadar gula darah penyebab diabetes. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan menu yang cocok untuk menurunkan kolesterol. Berikut jus untuk menurunkan darah tinggi dan kolesterol:

Jus Terbaik untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol

1. Jus Wortel:

Wortel mengandung beta-karoten dan serat yang tinggi sehingga membantu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, jus wortel juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh.

2. Jus Bit:

Bit mengandung senyawa alami yang disebut nitrat, yang dapat membantu memperbaiki aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Selain itu, jus bit juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

3. Jus Delima:

Delima kaya akan antioksidan yang kuat, yang dikenal sebagai punicalagin. Antioksidan ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung dengan meningkatkan aliran darah dan menghambat pembentukan plak di arteri.

4. Jus Jeruk:

Jeruk mengandung flavonoid, serat, dan vitamin C yang dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyumbatan arteri. Selain itu, jus jeruk juga dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung secara keseluruhan.

5. Jus Tomat:

Tomat mengandung likopen yang merupakan zat antioksidan yang membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Jus tomat juga kaya akan vitamin C, A, dan serat yang baik untuk kesehatan jantung dan kadar kolesterol.

Jus Terbaik untuk Menurunkan Darah Tinggi dan Kolesterol

6. Jus Apel:

Apel mengandung pektin, serat larut yang membantu menyerap kolesterol jahat dalam usus dan mengeluarkannya dari tubuh. Jus apel juga mengandung polifenol, yang dapat membantu melindungi jantung dan melancarkan aliran darah.

7. Jus Pepaya:

Pepaya mengandung enzim papain yang membantu melancarkan pencernaan dan penyerapan nutrisi. Jus pepaya juga mengandung serat, vitamin C, dan antioksidan yang dapat memperkuat kesehatan jantung.

8. Jus Jambu Biji:

Jambu biji mengandung serat larut yang dapat membantu menurunkan kolesterol total dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Jus jambu biji juga kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat melindungi jantung.

9. Jus Anggur Merah:

Anggur merah mengandung senyawa alami yang disebut resveratrol, yang dapat membantu meningkatkan produksi nitric oxide, mengurangi peradangan, dan melancarkan aliran darah. Jus anggur merah juga dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik.

10. Jus Lemon:

Lemon mengandung vitamin C dan pektin yang membantu menurunkan kadar kolesterol. Jus lemon juga dapat membantu melancarkan aliran darah dan mengurangi risiko pembentukan plak di arteri.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading