Sukses

Health

14 Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol yang Wajib Dihindari

Fimela.com, Jakarta Asam urat dan kolesterol adalah dua kondisi kesehatan yang umum terjadi di masyarakat. Asam urat adalah kondisi di mana kristal-kristal asam urat menumpuk di dalam sendi. Kondisi ini biasanya terjadi di kaki, yang menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan.

Kolesterol, di sisi lain, adalah lemak yang dihasilkan oleh tubuh dan juga dapat ditemukan dalam banyak makanan. Ketika kadar kolesterol dalam tubuh terlalu tinggi, dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke. Tingginya kolesterol ini biasanya dipengaruhi oleh makanan yang kurang sehat.

Seseorang yang sudah berusia lanjut, akan sangat mudah mengalami kondisi ini. Untuk menjaga kesehatan tubuh, penting untuk menghindari makanan yang dapat meningkatkan kadar asam urat dan kolesterol. Berikut adalah 15 makanan penyebab asam urat dan kolesterol:

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

1. Daging merah: Daging merah, seperti daging sapi, mengandung lemak jenuh yang tinggi dan dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

2. Makanan olahan: Makanan olahan, seperti sosis, nugget, dan makanan cepat saji, sering kali mengandung banyak tambahan bahan kimia dan lemak trans yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

3. Seafood: Makanan laut, seperti udang, kepiting, dan cumi-cumi, mengandung kadar asam urat yang tinggi. Konsumsi berlebihan makanan laut dapat memicu serangan asam urat.

4. Makanan manis: Makanan yang tinggi gula, seperti minuman manis, kue, dan permen, dapat meningkatkan risiko obesitas dan kenaikan kolesterol.

5. Gorengan: Makanan yang digoreng dengan minyak banyak mengandung lemak jenuh dan trans yang dapat meningkatkan kolesterol dan berpotensi merangsang produksi asam urat.

6. Minuman beralkohol: Alkohol mempengaruhi kemampuan tubuh untuk mengeluarkan asam urat, sehingga meningkatkan risiko penumpukan kristal asam urat di dalam sendi. Selain itu, minuman beralkohol juga sering kali mengandung gula tambahan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol.

7. Keju dan mentega: Produk susu tinggi lemak, seperti keju dan mentega, mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Makanan Penyebab Asam Urat dan Kolesterol

8. Telur: Telur mengandung kolesterol dalam jumlah tinggi. Meskipun mengonsumsi telur dalam jumlah sedang tidak berbahaya, tetapi bagi mereka yang sudah memiliki riwayat kolesterol tinggi, sebaiknya mengurangi konsumsi telur.

9. Kacang-kacangan olah: Kacang-kacangan olah, seperti kacang panggang dan kacang mete, sering kali ditambahkan dengan garam, gula, atau minyak yang meningkatkan risiko kolesterol tinggi.

10. Minyak kelapa dan minyak kelapa sawit: Meskipun minyak kelapa sawit dan minyak kelapa mengandung asam lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol, tetapi dalam jumlah sedang tidak akan berbahaya jika dikonsumsi sesekali.

11. Soda dan minuman bersoda: Minuman bersoda mengandung gula tambahan dan bisa menyebabkan peningkatan berat badan serta meningkatkan risiko kadar kolesterol yang tinggi.

12. Makanan cepat saji: Makanan cepat saji tinggi lemak jenuh, lemak trans, dan garam. Konsumsi berlebihan makanan cepat saji dapat meningkatkan risiko asam urat dan kolesterol.

13. Makanan tinggi garam: Garam berlebihan dalam makanan dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, yang dapat berkontribusi terhadap risiko asam urat dan kolesterol tinggi.

14. Makanan tinggi purin: Makanan yang tinggi purin, seperti hati, jeroan, dan daging organ lainnya, dapat meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading