Sukses

Info

Sempat Berpotensi Tsunami, Gempa Sulawesi Utara Bergetar hingga Filipina

Fimela.com, Jakarta Gempa dengan kekuatan magnitudo 7,1 menggetarkan Melonguane, Sulawesi Utara pada Kamis (12/8/2021) pagi pada pukul 00.46. Berdasarkan laporan gempa ini terasa hingga perairan Filipina.

Dikutip dari informasi situs Volcano Discovery, gempa tersebut terjadi di sebelah barat Davao, Filipina pada pukul 01.46 waktu setempat. Gempa dengan kedalaman 63km sama persis dengan gempa yang terjadi di Melonguane, Sulawesi Utara.

Awalnya, gempa ini memiliki peringatan tsunami akibat gempa Filipina. Namun peringatan ini akhirnya dicabut setelah laut terpantau hanya ada gelombang-gelombang ombak kecil. Sementara di Indonesia, gempa ini tidak berpotensi tsunami.

 

Terasa di Filipina dan daerah sekitarnya

Tidak hanya di Filipina, gempa ini juga turut dirasakan di Talaud hingga Bitung. Di Talaud, gempa dirasakan dengan skala IV Modified Mercalli Intensity (MMI). Di Sangihe, gempa dirasakan dengan skala II MMI dan di Bitung dirasakan dengan skala III MMI.

BMKG mengartikan bahwa skala IV MMI sebagai kategori ringan dapat dirasakan oleh banyak orang di rumah serta membuat jendela dan pintu berderik.

Pada skala III MMI, gempa tergolong lemah cuma menimbulkan getaran di dalam rumah seperti ada truk yang melintas, sedangkan skala II MMI, getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Simak video berikut ini

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Cerita Perempuan yang Tinggal di Rumah Bantuan Tsunami, Kini Sukses jadi Pengusaha yang Tinggal di Istana Megah
Artikel Selanjutnya
Gempa Terkini Guncang 4 Daerah di Indonesia