Sukses

Info

WhatsApp dan Instagram Down di Seluruh Negara, Ini Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Kamu merasakan WhatsApp dan Instagram tidak bisa diakses sejak semalam? Semua pengguna WhatsApp dan Instagram di seluruh duni melaporkan tidak bisa mengakses WhatsApp, Instagram, dan Facebook.

Mengutip dari Bleeping Computer, hal ini terjadi karena adalahnya masalah pada DNS atau Domain Name System. Sejumlah pengguna pun disarankan untuk memeriksa kembali apakah terjadi kesalahan ketik pada domain yang dimasukkan pada bilah alamat.

"Situs ini tidak dapat dijangkau. Periksa apakah ada kesalahan ketik di facebook.com. Jika ejaannya benar, coba jalankan Windows Network Diagnostics," demikian pesan yang muncul saat membuka laman Facebook.

Tidak hanya melalui desktop, pengguna smartphone juga melaporkan bahwa aplikasi Facebook dan Instagram tidak berfungsi. Justru muncul tulisan "Couldn't Refresh Feed".

 

Penyebab WhatsApp dan Instagram down

Saat ini, situs .onion Facebook juga sedang down, menunjukkan kesalahan DNS_PROBE_FINISHED_NXDOMAIN yang sama seperti yang ditampilkan oleh situs web perusahaan.

Tidak diketahui apakah WhatsApp, Instagram, dan Facebook Down karena ada maintenance internal, masalah dengan server pada ketiga platform tersebut atau layanan mereka diserang.

Dalam pengujian BleepingComputer, server DNS Facebook, Instagram, dan WhatsApp tidak merespons. Menunjukkan adanya dua kemungkinan bahwa ini adalah kesalahan konfigurasi DNS atau masalah server.

Tidak bisa diaksesnya WhatsApp dan Instagram menjadikan kedua aplikasi andalan ini tagar paling banyak digunakan di Twitter pada Senin (04/10/2021) malam.

 

Laporan yang masuk

Menurut situs Downdetector.com, masalah ini terjadi di sejumlah negara. Saat berita ini di naik, ada sekitar 60 ribu pengguna yang melaporkan Facebook bermasalah. Sedangkan untuk WhatsApp down ada sekitar 54 ribuan.

Lalu, untuk Instagram dan Facebook Messenger ada sekitar 1.691 dan 2.984 laporan yang masuk.

Belum ada keterangan resmi dari Facebook sehingga tidak diketahui secara jelas apa yang menyebabkan WhatsApp, Facebook, dan Instagram down secara bersamaan.

 

Kata Mark Zuckerberg

Namun pagi ini, CEO of Facebook Mark Zuckerberg mengungkapkan permintaan maafnya secara tertulis.

"Facebook, Instagram, WhatsApp, dan Messenger telah kembali sekarang. Mohon maaf atas gangguan yang terjadi. Saya paham seberapa besar Anda mengandalkan layanan kami untuk tetap terhubung dengan orang yang mencintai Anda," ungkap Mark Zuckerberg melalui Facebook.

Simak video berikut ini

#elevate women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Lebih Mudah dan Praktis, Ini Cara Cek Status Vaksinasi Melalui WhatsApp
Artikel Selanjutnya
WhatsApp Perkenalkan 2 Fitur Keamanan Baru, Bisa Laporkan Pesan Spam