Sukses

Info

Panduan Praktis untuk Dapatkan QR Code PeduliLindungi bagi Para Pelaku Usaha dan Perusahaan

Fimela.com, Jakarta Melakukan pemindaian QR code di aplikasi PeduliLindungi telah menjadi salah satu syarat wajib untuk masuk ke fasilitas umum, pusat perbelanjaan, tempat makan, maupun lokasi publik lainnya. 

Maka dari itu, perusahaan maupun para pemilik usaha harus menyediakan QR code bagi para pelanggannya untuk melakukan skrining sebelum memasuki fasilitas umum demi membantu menekan penyebaran COVID-19. 

Dalam hal ini, para pelaku usaha dan perusahaan harus mendaftarkan tempat usahanya untuk mendapatkan QR Code tersebut. Namun, berbeda dengan cara mendapatkan QR Code PeduliLindungi sebelumnya, kini caranya lebih praktis. 

Jika sebelumnya para pelaku usaha harus mengajukan surat permohonan ke Kemenkes terlebih dahulu melalui email, saat ini kamu hanya perlu melakukan aktivasi akun melalui cmsreg.dto.kemkes.go.id, artinya hal ini dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Persiapan cara mendapatkan QR code PeduliLindungi bagi pelaku usaha dan perusahaan saat aktivasi adalah menyiapkan data diri dan data instansi. 

Memahami cara mendapatkan QR code PeduliLindungi bagi para pelaku usaha dan perusahaan sangat penting, terutama untuk membantu pemerintah menekan kasus infeksi virus COVID-19 di Indonesia dengan mobilitas yang dilonggarkan.

Cara Terbaru bagi Para Pelaku Usaha dan Perusahaan Dalam Mendapatkan QR Code PeduliLindungi

Melansir laman Liputan6.com, Sabtu (16/10), berikut langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan QR code PeduliLindungi, khususnya bagi para pelaku usaha dan perusahaan. 

  1. Langkah awal dalam mendapatkan QR Code PeduliLindungi adalah melakukan registrasi akun melalui laman website resmi Kemenkes di cmsreg.dto.kemkes.go.id
  2. Siapkan beberapa data untuk diinput selayaknya mengajukan formulir permohonan, yakni nama, email, nomor HP, kategori usaha, nama instansi atau perusahaan, dan alamat. 
  3. Jangan terburu-buru, tunggu hingga akun baru yang didaftarkan berhasil diverifikasi. 
  4. Setelah itu, buat password untuk melancarkan aktivasi akun. 
  5. Jika sudah berhasil aktivasi akun, login melalui laman website resmi PeduliLindungi di cms.pedulilindungi.id dengan memasukkan alamat email yang didaftarkan dan password yang sudah dibuat. 
  6. Setelah berhasil login, masukkan detil informasi terkait tempat atau lokasi perusahaan. Lalu, setelah QR code berhasil ter-generate, bisa langsung klik "Download QR Code".

Cara Mendapatkan QR Code PeduliLindungi bagi Umum

Terdapat 2 cara bagi umum untuk mendapatkan QR Code PeduliLindungi, yakni melalui website PeduliLindungi dan aplikasi PeduliLindungi.

Melalui Website

  1. Kunjungi situs PeduliLindungi melalui alamat https://pedulilindungi.id/ 
  2. Bila sudah berhasil masuk ke situs web PeduliLindungi, cara mendapatkan QR Code adalah dengan klik Login/Register di pojok kanan atas
  3. Lakukan proses login untuk bisa mengakses QR Code dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon. Jika sudah vaksin, kamu bisa mencantumkan nomor telepon yang didaftarkan saat vaksinasi. 
  4. Kamu akan menerima kode verifikasi yang masuk ke nomor telepon atau email yang sudah didaftarkan tersebut. Selanjutnya, masukkan kode verifikasi yang diterima. 
  5. Apabila sudah bisa mengakses profil, cara mendapatkan QR code-nya adalah dengan klik proful di pojok kanan atas, kemudian pilih ‘Sertifikat Vaksin’. 
  6. Klik namamu, lalu lihat atau cek sertifikat vaksinasi COVID-19 yang sudah pernah dilakukan. Lalu, untuk menyimpannya klik Unduh Sertifikat. 

Melalui Aplikasi

  1. Persiapkan aplikasi dengan mengunduh aplikasi PeduliLindungi melalui Google Play Store ataupun App Store. 
  2. Instal aplikasi PeduliLindungi, kemudian login atau masuk dengan memasukkan alamat email atau nomor telepon. Bagi yang sudah vaksin, bisa mencantumkan nomor telepon yang didaftarkan saat vaksinasi. 
  3. Masukkan kode verifikasi yang terkirim ke email atau nomor di ponsel untuk mengakses aplikasi lebih jauh seperti mendapatkan QR Code PeduliLindungi
  4. Klik ikon akun di pojok kanan atas, lalu kemudian cara mendapatkan QR Code PeduliLindungi adalah klik “Tampilkan QR Code” di bawah profil. Maka QR Code sudah didapatkan. 
  5. Jika tempat kunjungan mengharuskan scan QR code PeduliLindungi, maka cara mendapatkannya adalah kembali ke menu utama aplikasi. Setelah itu, klik “Scan QR Code”, lalu selesai. 

Penulis: Chrisstella Efivania

#ElevateWomen

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Heboh Ketahuan Selingkuh Lewat PeduliLindungi, Begini Cara Mengetahuinya
Artikel Selanjutnya
Lebih Mudah dan Praktis, Ini Cara Cek Status Vaksinasi Melalui WhatsApp