Sukses

Info

Ketahui Sejarah dari Hari Sumpah Pemuda dan Isi Teksnya

Fimela.com, Jakarta Hari Sumpah Pemuda diperingati setiap tanggal 28 Oktober. Kali ini, Hari Sumpah Pemuda 2021 mengangkat tema "Bersatu, Bangkit, dan Tumbuh."

Tema yang tujuannya menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun dan diikrarkan para pemuda di tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda sendiri adalah ikrar pemuda-pemudi Indonesia tentang bertumpah darah satu tanah Indonesia, berbangsa satu bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali, tema Hari Sumpah Pemuda kali ini sebenarnya ditujukan untuk seluruh elemen bangsa. Yang terpenting adalah untuk para pemuda, karena menurutnya, di tangan pemudalah, kita bisa berharap Indonesia bangkit dari keterpurukan akibat pandemi dan melangkah maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

 

Isi teks Sumpah Pemuda

Sumpah Pemuda lahir di rapat ketiga Kongres Pemuda II, hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi di tanggal 27 dan 28 Oktober 1928. Adapun isi teks Sumpah Pemuda.

"Kami putra dan putri Indonesia, mengaku bertumpah darah yang satu, tanah air Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia, mengaku berbangsa yang satu, bangsa Indonesia.

Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia."

Sejak berdirinya organisasi Budi Utomo pada tahun 1908, banyak bermunculan organsasi pemuda baru dari berbagai wilayah Indonesia. Perkumpulan ini kemudian mengadakan kongres pemuda yang tujuannya adalah mempersatukan pemahaman bangsa, sekaligus mendorong hari lahirnya Sumpah Pemuda.

#Elevate Women

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
TikTok Dorong Generasi Muda untuk Terus Belajar dan Berkarya dengan Terobosan Baru di Hari Sumpah Pemuda
Artikel Selanjutnya
Peringati Sumpah Pemuda, Arafah Rianti Jadi Bagian Gen-Sy