Sukses

Info

Demi Tingkatkan Kewaspadaan Terhadap Ancaman Penipuan Ponsel, Truecaller Luncurkan Kampanye #KnowYourCaller di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Penipuan siber telah menjadi perhatian bersama. Beranjak dari hal tersebut, Truecaller, platform untuk verifikasi nomor telepon tak dikenal dan memblokir panggilan spam, memperkuat rasa aman bagi pengguna ponsel dalam berkomunikasi dengan menginisiasi sebuah kampanye bertajuk #KnowYourCaller. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan penipuan melalui telepon dan memberikan rasa aman serta efisien dalam berkomunikasi.

Menurut Laporan Truecaller Insights 2020, setiap bulannya orang Indonesia rata-rata menerima panggilan spam sebanyak 18,3 panggilan. Laporan ini menyatakan bahwa negara dengan penerima panggilan spam tertinggi di kawasan Asia dan peringkat ke-6 di dunia dengan jumlah panggilan spam terbanyak adalah Indonesia.

Dari data Kepolisian Nerhara Republik Indonesia dari tahun 2019, jenis kejahatan siber yang paling umum adalah penipuan. Total kerugian akibat penipuan pada tahun 2019 mencapai ratusan miliar rupiah.

Di Amerika, transaksi penipuan online diperkirakan menghasilkan kerugian hingga 30 miliar US dolar per tahun. Tapi, tahun lalu Truecaller berhasil memblokir dan mengidentifikasi 31,3 miliar panggilan spam dan 12,8 miliar SMS spam secara global.

Tentang Kampanye #KnowYourCaller

Kegiatan dari kampanye ini adalah membuat seri video kampanye menarik yang diperuntukan khusus untuk masyarakat Indonesia bertajuk Wolf in Sheep's Clothing (Penipu Berbulu Domba) dan bekerjasama dengan para aktor dan artis ternama Indonesia, yakni Yayan Ruhian, Dinda Kanya Dewi, dan Billy Boedjanger. Mereka memerankan serigala penipu yang menyamar sebagai domba yang polos, membuat karakter yang diperankan menjadi lebih hidup.

"Indonesia merupakan pangsa pasar prioritas bagi Truecaller. Berdasarkan hasil penelitian kami, Indonesia menjadi salah satu negara dengan panggilan spam terbanyak di dunia. Untuk itu, kami menjalankan misi untuk menghadirkan komunikasi yang lebih aman bagi semua pengguna ponsel di Indonesia dengan meminimalisir panggilan spam dan penipuan yang hingga saat ini masih kerap terjadi di Indonesia. Adapun ide di balik kampanye ini adalah untuk mengingatkan masyarakat terhadap ancaman tersebut agar mereka tidak menjadi korban. Truecaller dapat mengidentifikasi secara tepat antara panggilan yang terpercaya dengan panggilan yang bermaksud untuk mencelakai secara finansial, emosional, hingga fisik,” ujar Hitesh Raj Bhagat, Global Head of Corporate Communications di Truecaller.

Berbicara tentang kampanye terbaru, Anish Daryani, Pendiri dan Presiden Direktur, M&C Saatchi Indonesia, mengatakan, "Truecaller merupakan brand yang dilandasi oleh tujuan yang kuat, berfokus untuk menciptakan keamanan dalam berkomunikasi bagi seluruh masyarakat di dunia. Ancaman dari panggilan spam ini sudah lazim terjadi di Indonesia, seiring dengan minimnya regulasi untuk mengendalikannya. Di sinilah Truecaller memainkan peran penting bagi kehidupan seluruh masyarakat dengan memberikan pilihan untuk tetap terlindung dari panggilan serta pesan spam dan penipuan. Kami, M&C Saatchi, berfokus untuk menciptakan karya yang dapat mengarahkan pada perubahan positif dalam masyarakat, sebagaimana yang disampaikan dalam kampanye #KnowYourCaller. Secara pribadi, saya pun menggunakan aplikasi ini karena dirancang dengan mempertimbangkan keselamatan dan keamanan bagi pengguna.”

Yayan Ruhian Tertarik dengan Produk dan Konsep Baru Truecaller

Aktor sekaligus ahli bela diri Indonesia Yayan Ruhian yang menjadi salah satu aktor dalam iklan Truecaller mengatakan bahwa dirinya tertarik dengan produk dan konsep baru Truecaller.

"Truecaller merupakan TVC ketiga yang saya perankan. Saya tertarik karena produk dan konsepnya sangat berbeda dari sebelumnya. Melihat storyboard yang dikirim beberapa hari sebelum syuting, terus terang membuat saya semakin tertarik karena merasa ini adalah tantangan. Dan dalam ukuran skala produksi, saya yakin akan dilakukan dengan sangat baik. Saya secara pribadi puas dengan hasilnya. Setelah dirilis, saya menerima banyak respon dan hampir semuanya positif, tidak hanya dari publik Indonesia tetapi juga dari luar," ujarnya.

Lebih lanjut Yayan menambahkan, "Saya sangat berhati-hati dalam menerima telepon dari nomor yang tidak tersimpan di kontak saya. Dulu, kebanyakan malah saya abaikan. Padahal, tidak sedikit yang ternyata adalah panggilan penting dari keluarga, relasi maupun kawan. Namun, sejak menginstall Truecaller, saya sangat terbantu dalam menyaring panggilan yang masuk ke handphone.”

Salah Satu Aplikasi Peringkat Atas di Banyak Negara

AppAnnie menempatkan Truecaller sebagai aplikasi komunikasi teratas di India, dan menjadi salah satu dari tiga besar aplikasi di Mesir dan Israel. Sementara di 20 negara lain yang melingkupi Indonesia, Malaysia, Nigeria, dan Afrika Selatan, termasuk dalam 10 teratas.

Truecaller memungkinkan percakapan menjadi aman dan nyaman serta sangat efisien bagi bisnis untuk terhubung dengan konsumen. Truecaller merupakan bagian penting dari komunikasi sehari-hari untuk lebih dari 280 juta pengguna aktif di seluruh dunia, dengan lebih dari setengah miliar unduhan sejak diluncurkan.

"Misi Truecaller adalah membangun kepercayaan dalam komunikasi. Sebagai platform global terkemuka yang dapat memverifikasi kontak serta memblokir komunikasi yang tidak diinginkan, kami dengan bangga secara resmi meluncurkan kampanye perusahaan terbaru yakni #KnowYourCaller. Kami berharap masyarakat tidak hanya dapat merasakan manfaat dari kampanye ini, namun hal terpenting penting adalah kami berharap dapat turut berkontribusi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya keselamatan dalam komunikasi sehari-hari," tutup Hitesh.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

Truecaller Know Your Caller #PenipuBerbuluDomba

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading