Sukses

Info

5 Penyebab Layar HP Bergaris dan Cara Mengatasi dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Handphone merupakan salah satu paling dekat dengan manusia. Hal ini dikarenakan kecanggihan dan kemudahannya membuat kita dapat melakukan apapun. Terutama dalam hal komunikasi, membuat kita lebih dekat dengan seseorang yang jauh.

Namun terkadang kita lupa dan terlalu sering menggunakan HP secara terus menerus. Hal tersebut tentu membuat kesehatan hp terus menurun. Seperti handphone mati tiba-tiba, hp cepat ngelag, dan muncul garis pada layar.

Namun disini kita akan membahas penyebab layar hp cepat bergaris. Layar hp yang bergaris biasanya akan memiliki garis vertikal maupun horisontal. Namun kamu juga perlu mencari tahu apa saja penyebab layar hp bergaris. Di bawah ini adalah beberapa penyebab dan cara mengatasinya:

1. HP Terjatuh

Ternyata hp yang sering jatuh menjadi salah satu penyebab utama layar hp memunculkan garis. Biasanya garis HP yang terjatuh dapat menyerang bagioan hardware maupun software. Jika menyerang hardware biasanya akan terdapat kerusakan pada LCD layar.

Disamping itu kamu juga perlu mengetahui kerusakan pada software HP akibat terbanting. Segeralah untuk memeriksa apakah kerusakan pada software dapat dilakukan dengan screenshoot. Kamu dapat melakukan screenshoot dan mengirim ke teman. Untuk mencari tahu apakah terdapat garis saat kamu menscreenshoot. Jika tidak terdapat garis maka hp kamu aman.

2. HP Terkena atau Terendam Air

Penyebab layar bergaris selanjutnya adalah HP yang terkena percikan air atau terendam dalam kubangan air. Beberapa merk hp lainnya tidak terlalu memiliki ketahanan yang baik dan akan mudah rusak jika terkena air sekalipun.

Kamu juga perlu menghindari ketika ada salah satu barang elektronik yang terkena air. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir terjadinya reaksi elektris yang tidak diinginkan.

3. HP Tertindih atau Tertekan

Hal ini biasanya yang paling sering terjadi bagi kamu salah satu pengguna android, yang kerap sekali menaruh HP di saku celana belakang. Ketika HP mengalami tekanan yang kuat atau tertindih benda berat, biasanya akan memunculkan garis putih atau garis berwarna neon pada bagian layar. Hal ini juga dapat terjaid jika kamu menaruh HP sembarangan di atas kasur, lalu tidak sengaja kamu mendudukinya.

4. Terdapat Sistem yang Eror

Selanjutnya penyebab lain yang dapat menimbulkan layar hp bergaris adalah terdapat sistem eror. Sistem HP yang eror akan bereaksi memunculkan bug sistem dalam bentuk garis halus seperti sehelai rambut atau biasanya layar akan berkedip. Namun biasanya hal ini akan terjadi pada HP bekas root atau HP rakitan.

5. Socket Layar Rusak

Yang terakhir yaitu terdapat kerusakan pada soket layar HP. Kerusakan soket layar ini akan memicu munculnya garis horizontal, vertikal, garis putih, maupun garis ganda pada HP. Selanjutnya socket HP yang rusak ini umumnya terjadi adanya cacat pada saat produksi.

Cara Mengatasi Layar HP Bergaris

Kamu jangan khawatir jika layar hp kamu bergaris. Karena kamu dapat mengatasinya dengan beberapa cara di bawah ini :

1. Restart HP

Kamu dapat mengatasi layar hp yang bergaris dengan melakukan restart HP. Jika kamu sudah restart Hp dapat dilanjutkan dengan mengaktifkan penggunaan “safe mode”. Selain itu penggunaan safe mode ini memiliki fungsi melacak kinerja sistem operasi dan menemukan beberapa masalah yang terdapat pada sistem operasi.

Cara mengatasi fitur safe mode adalah:

  • Tekan tombol power HP kamu sampai muncul mencu pop up di layar.
  • Klik dan tahan tombol power off sampai muncul pop up lain.
  • Klik OK untuk dapat menreboot Hp ke fitur safe mode, setelah itu HP kamu akan otomatis berada dalam mode aman atau safe mode.

2. Menggunakan Applikasi LCD Fixer

Pada android terdapat beberapa applikasi yang dapat dikembangkan untuk menjadi salah satu cara mengatasi layar HP bergaris. Seperti Dead Pixels Test and Fix. Kemudian applikasi ini akan bekerja dengan cara mendeteksi pixel yang rusak. Berikut langkah-langkahnya :

  • Install Applikasi Dead Pixels Test and Fix.
  • Buka Applikasi yang sudah di install.
  • Klik Check Dead Pixels and Fix Dead Pixels untuk memulai memperbaiki.

3. Menonaktifkan Show Pointer Location pada Opsi Developer

Selanjutnya hal perlu kamu perbaiki adalah dengan menonaktifkan Show Pointer Location melalui Opsi Developer. Show Pointer Location merupakan sebuah petunjuk lokasi pointer yang ada dilayar HP. Kamu juga perlu menonaktifkan show pointer location sebagai berikut :

  • Masuk ke bagian Pengaturan atau Settings.
  • Buka About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Klik pada bagian Build number sebanyak 7 kali secara cepat, tunggu hingga muncul pengaturan berupa Opsi Pengembangan.
  • Selanjutnya buka Opsi Pengembangan dan klik opsi Show Pointer Location atau Tampilan Penunjuk, lalu nonaktifkan.
  • Maka jika menemukan garis horizontal maupun vertikal di layar smarthopne biasanya akan menghilan secara otomatis.

Nah itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi layar HP yang bergaris dengan mudah cepat. Namun kamu jangan khawatir karena kamu dapat mencoba beberapa cara lainnya di atas. Selain itu jika layar hp masih bergaris maka kamu dapat mengecek melalui konter HP.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading