Sukses

Info

Bacaan Doa Memohon Mimpi yang Baik Sebelum Tidur

Fimela.com, Jakarta Setiap orang pasti pernah mengalami mimpi, baik saat tidur siang maupun malam hari. Mimpi merupakan sebuah pengalaman bawah sadar seseorang yang melibatkan penglihatan, pendengaran, pikiran, bahkan perasaan. Bahkan saat bermimpi seseorang dapat merasakan emosi, seperti rasa takut, bahagia, sedih dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Ucapan ulang tahun islami dengan doa baik dan harapan

Mimpi bukanlah hal yang tabu untuk diperbincangkan. Dalam sebuah hadis dikatakan, mimpi adalah satu bagian dari 46 bagian kenabian. Sebagaimana hadis yang diriwayatkan sahabat Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda, yang artinya:

"Mimpi seorang mukmin adalah satu dari 46 bagian kenabian." (HR. Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi)

Pengalaman dalam tidur memang tidak selalu indah. Tak jarang seseorang mendapat mimpi buruk yang membuatnya terbangun dari tidur. Bahkan, pengalaman mimpi buruk seringkali membuat hati tidak tenang dan gelisah sepanjang hari.

Untuk itu, berikut Fimela.com kali ini akan mengulas bacaan doa memohon mimpi yang baik sebelum tidur. Dilansir dari Merdeka.com, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Doa Memohon Mimpi yang Baik dan Artinya

Setelah mendapatkan mimpi buruk, seseorang kerap mengalami perasaan yang tidak tenang dan gelisah. Peristiwa atau kejadian yang mengerikan di dalam mimpi seringkali mengganggu aktivitas sehari-hari. Namun jangan khawatir, Rasulullah mengajarkan umatnya untuk berdoa setelah mendapatkan mimpi buruk.

Doa Rasulullah SAW ini diriwayatkan oleh Ibnu Suni, Abu Dawud, dan At-Tirmidzi. Adapun bacaan doa mimpi buruk yang diajarkan Nabi Muhammad adalah sebagai berikut:

Huwallahu, allahu rabbi, la syarika lahû. A‘udzu bikalimatillahit tammati min ghadhabihi wa min syarri ibadihi wamin hamazatis syayatini wa an yahdhuruni.

Artinya, "Dialah Allah. Allah Tuhanku. Tiada sekutu bagi-Nya. Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari murka-Nya, kejahatan para hamba-Nya, dan godaan setan. Aku pun berlindung kepada-Nya dari kepungan setan itu."

Amalan Sebelum Tidur agar Terhindar dari Mimpi Buruk

Sebagai umat muslim, kita selalu dianjurkan untuk senantiasa berdoa kepada Allah SWT sebelum tidur. Nabi Muhammad SAW mengajarkan beberapa amalan dan doa menjelang tidur untuk umatnya. Beberapa amalan yang diajarkan Rasulullah sebelum tidur di antaranya membaca surat al-Fatihah, al-Ikhlas, al-Falaq, dan an-Nas.

Setelah membaca beberapa amalan di atas, Nabi mengajarkan untuk meniup kedua telapak tangannya sebanyak tiga kali sebelum diusapkan ke seluruh tubuh. Setelah itu, bacalah doa menjelang tidur sebagai berikut:

Bismika rabbi wadla‘tu janbi wa bika arfa‘uhu. In amsakta nafsî farhamha. Wa in arsaltaha fahfazhha bima tahfazhu bihi ‘ibadakas shalihin.

Artinya, "Dengan nama-Mu hai Tuhanku, aku berbaring. Dengan nama-Mu juga aku terbangun. Jika Kau tahan nyawaku, berilah rahmat untuknya. Jika Kau lepaskan nyawaku, peliharalah sebagaimana Kau memelihara para hamba-Mu yang saleh."

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading