Sukses

Info

Kini Masyarakat Bisa Pantau Aksi Perubahan Iklim Jakarta melalui Website Baru dari Pemprov DKI Jakarta

 

Fimela.com, Jakarta Website pusat informasi tentang aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara di Jakarta baru saja diluncurkan oleh Dinas Lingkungan Hidup Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Website berjudul Jakarta Rendah Emisi itu beralamat di http://rendahemisi.jakarta.go.id yang mewakili visi hijau Jakarta dalam mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK) dan mengurangi emisi polusi udara.

Asep Kuswanto mengatakan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, berkata bahwa webisite ini diharapkan dapat menjadi media bagi masyarakat untuk memantau perkembangan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta sekaligus menjadi media informasi dan kolaborasi.

Website ini memiliki logo dan visual berwarna biru dan hijau yang menggambarkan spektrum penurunan emisi polusi udara dan GRK.

“Website ini kami harapkan dapat menjadi pusat informasi dan media untuk publik terus memantau aksi-aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara di Jakarta,” jelas Asep Kuswanto dalam keterangan tulis, Jumat (19/11/2021) yang dikutip dari laman liputan6.com.

Masyarakat dapat Menyumbang Ide

Asep mengatakan, melalui laman ini, pihaknya menunjukkan satu langkah untuk meningkatkan transparasnsi mengenai aksi perubahan iklim sehingga publik dapat mengikuti perkembangan dan turut menyumbang ide atau masukan untuk Jakarta berketahanan iklim dan memiliki kualitas udara yang lebih baik.

“Jika publik tahu perkembangan aksi iklim dan kualitas udara, maka kami harapkan partisipasi mereka akan semakin meningkat dan juga melecut kinerja kami untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk warga Jakarta,” ujarnya.

Masyarakat dapat menemukan serta menjelajahi publikasi kebijakan dan aksi perubahan iklim dan perbaikan kualitas udara, laporan, juga capaian aksi perubahan iklim dan pengendalian pencemaran udara oleh Pemprov DKI Jakarta melalui website ini.

Terdapat pula platform untuk kolaborasi, informasi data kualitas udara dan perubahan iklim.

Selain itu, dapat juga didapatkan informasi praktis seperti lokasi pengetesan uji emisi dan kebijakan terbaru lainnya yang tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Inisiatif dalam Pelaksanaan Putusan Citizen Lawsuit

Pengembangan website ini dilakukan melalui kerja sama antara Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, +Jakarta dan Vital Strategies dengan dukungan dari Bloomberg Philanthropies yang akan menjadi inisiatif Jakarta dalam melaksanakan amar putusan Citizen Lawsuit oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat pada 16 September 2021 lalu.

Vital Strategies telah bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta melalui Jakarta Clean Air Partnership Program (JCAP) yang berupa dukungan teknis untuk mengatasi polusi udara di Jakarta melalui peningkatan ketersediaan dan penggunaan data kualitas udara, analisa solusi kebijakan, dan efektifitasnya, serta mempromosikan kesadaran publik tentang dampak polusi udara bagi kesehatan.

*Penulis: Vania Ramadhani Salsabillah Wardhani.

#Elevate Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading