Sukses

Info

5 Rekomendasi Buku untuk Mahasiswa Tingkat Akhir yang Edukatif dan Menginspirasi

Fimela.com, Jakarta Sebagai mahasiswa tingkat akhir, pastinya buku-buku pengetahuan adalah sahabat yang selalu berada disampingmu, apalagi jika kamu tengah menyelesaikan skripsi atau tugas akhir. Mengingat buku adalah sumber ilmu pengetahuan dan membaca adalah aktivitas yang dapat merubah pola pikir, maka tidak heran jika mahasiswa biasanya dituntut untuk banyak membaca buku

Namun, juga tidak bisa dipungkiri bahwa tidak semua orang menyukai aktivitas membaca buku karena beberapa alasan. Misalnya, karena mudah mengantuk atau cepat merasa bosan, apalagi jika bukunya hanya berisi tulisan tanpa ada visualisasi yang menarik. 

Nah, jika kamu adalah salah satu mahasiswa yang menghadapi hambatan serupa, kamu perlu tahu bahwa ada beberapa buku yang bisa membuatmu ingin membaca karena isi buku didalamnya yang penuh dengan pengetahuan menarik. Apakah kamu penasaran ? 

Untuk itu, berikut Fimela.com telah merangkum 5 rekomendasi buku untuk mahasiswa tingkat akhir yang edukatif dan menginspirasi. Dilansir dari beragam sumber, simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

1. The Power of Habit

The Power of Habit adalah buku karya penulis Charles Duhigg. Dalam buku ini, kita bisa memaknai bahwa kesederhanaan merupakan sebuah langkah menuju kesuksesan, dengan mengubah pola hidup menjadi lebih baik.

Penulis juga menyampaikan secara terperinci dalam buku ini, bahwa pola hidup yang baik akan membawa kehidupan dan masa depan seseorang menjadi lebih sukses, bahagia dan lebih cerah. Penulis memberikan sebuah sugesti sederhana yang bisa dilakukan, dengan tujuan menciptakan kebiasaan baik.

Wah, pastinya buku ini akan sangat berguna untuk mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi akan bertransisi ke dunia kerja dan membutuhkan banyak sudut pandang untuk menjadi pribadi yang lebih bijaksana. 

2. Sapiens

Dalam buku Sapiens ini, Harari selaku penulis mendeskripsikan revolusi kognitif yang terjadi kira-kira 70.000 tahun yang lalu ketika Homo sapiens menggantikan saingannya Neanderthal dan spesies lain dari genus Homo, mengembangkan keterampilan bahasa dan masyarakat terstruktur. Kemudian membuatnya naik sebagai predator puncak, dibantu oleh revolusi pertanian serta dipercepat oleh revolusi sains, yang memungkinkan manusia mendekati penguasaan atas lingkungannya.

Meskipun bukan buku yang ringan untuk dibaca, namun untuk kamu yang selalu tertantang dengan bahasan buku yang berbeda dan penuh pengetahuan, buku ini tentu menjadi rujukan utama.

3. Seni Hidup Minimalis

Kata "minimalis" pastinya bukan kata yang asing di telinga kita. Hanya saja, sejauh apa sih kita benar-benar memahaminya? Apakah benar kalau hidup minimalis itu hidup yang serba irit dan mengesampingkan kebahagiaan pribadi?

Seni Hidup Minimalis, buku yang satu ini memberi banyak pandangan baru soal minimalis. Dasar-dasar pemikiran soal minimalis dipaparkan dengan sangat detail. Minimalis memang sering diidentikkan dengan segala sesuatu yang serba cukup. Tapi kadar cukup ini bisa jadi berbeda pada tiap orang. Tentunya, buku ini bisa memberikan sudut pandang yang unik bagi mahasiswa dalam menjalani atau memaknai kehidupan. 

4. Bumi Manusia

Bumi Manusia adalah salah satu novel fenomenal yang sangat sukses diterima para pembaca karena jalan ceritanya yang penuh makna dan mengesankan. Novel ini merupakan pertama dari Tetralogi Buru karya Pramoedya Ananta Toer yang pertama kali diterbitkan oleh Hasta Mitra pada tahun 1980.

Buku ini ditulis Pramoedya Ananta Toer ketika masih mendekam di Pulau Buru. Sebelum ditulis pada tahun 1975, sejak tahun 1973 terlebih dahulu telah diceritakan ulang kepada teman-temannya.

Setelah diterbitkan, Bumi Manusia sempat mengalami pelarangan untuk diedarkan dan dibaca atas perintah Jaksa Agung. Sebelum dilarang, buku ini sukses dengan 10 kali cetak ulang dalam setahun pada 1980-1981. Sampai pada tahun 2005, buku ini telah diterbitkan dalam 33 bahasa. Pada September 2005, buku ini diterbitkan kembali di Indonesia oleh Lentera Dipantara.

Buku yang satu ini sangat cocok untuk jadi bahan bacaan mahasiswa tingkat akhir karena didalamnya ada banyak sudut pandang mengenai sejarah yang bisa menggugah daya kritis.

5. Masuk Toko Keluar di Tokyo

Terakhir, ada buku yang berjudul Masuk Toko Keluar di Tokyo yang didalamnya berisi syair-syair yang lucu, topik yang nakal dan enggak biasa, serta gaya menulis yang unik. Buku yang ditulis oleh Farhanah ini tentu perlu masuk dalam daftar koleksi bukumu karena puisi yang ada didalamnya sangat unik dan bisa menghiburmu. 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
9 Penyebab Tidak Nafsu Makan Pada Anak yang Bikin Khawatir
Artikel Selanjutnya
9 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin yang Sangat Menganggu