Sukses

Info

Viral Ombak Besar di Manado, Cuaca Ekstrem Diprediksi Sampai 9 Desember 2021

 

Fimela.com, Jakarta Video yang menunjukkan ombak besar dengan gelombang yang tinggi menghantam kompleks Manado Town Square, Manado, Sulawesi Utara pada Selasa, 7 Desember 2021. Ombak terlihat menyapu kendaraan yang terparkir di badan jalan Manado Square yang berbatasan langsung dengan perairan Teluk Manado dan terhubung dengan Laut Sulawesi.

Gelombang tinggi dan ombak besar di Sulawesi Utara sendiri telah diprediksi Badan Meteorologi dan Geofisika atau BMKG sejak 3 Desember 2021. Dan cuaca ekstrem diprediksi masih akan menghantam sebagian besar wilayah Indonesia sampai 9 Desember 2021, termasuk Manado.

"Sebagian besar wilayah Indonesia telah memasuki periode musim hujan. Dengan indikasi aktifnya fenomena La Nina pada periode musim hujan ini, maka kewaspadaan terhadap potensi peningkatan curah hujan di atas normal harus lebih ditingkatkan," ungkap Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati di Jakarta, Jumat (3/12) melansir dari bmkg.go.id.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto menambahkan bahwa fenomena lain yang meningkatkan curah hujan yaitu masih aktifnya fenomena gelombang atmosfer (gelombang Kelvin, Rossby Ekuatorial, dan MJO) di wilayah Indonesia terutama bagian tengah dan timur. Hal itu memperkuat peningkatan potensi cuaca ekstrem dalam periode sepekan ke depan.

 

Potensi Terjadinya Banjir Pesisir

MJO, gelombang Rossby Ekuatorial, dan gelombang Kelvin, kata Guswanto adalah fenomena dinamika atmosfer yang mengindikasikan adanya potensi pertumbuhan awan hujan dalam skala yang luas di sekitar wilayah fase aktif yang dilewatinya. Kondisi tersebut merata di seluruh wilayah Indonesia, mulai dari Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, dan Lampung. Lalu, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali,

"Provinsi lain yang juga mengalami yaitu Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua," tambah Guswanto.

Hal senada juga diutarakan Kepala BMKG Maritim Bitung Andi Cahyadi yang mengatakan jika potensi terjadinya banjir pesisir atau rob di wilayah Sulawesi Utara ini berlangsung tanggal 6-9 Desember 2021, mengutip dari Liputan6.com.

#ElevateWomen 

What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Berikut Penjelasan dan Artinya
Artikel Selanjutnya
Pemerintah Cabut Larangan Masuk 14 Negara ke Indonesia, Ini Alasannya