Sukses

Info

Nusantara Jadi Nama Ibu Kota Baru, Berikut Penjelasan dan Artinya

Fimela.com, Jakarta Ibu kota Indonesia yang baru berada di Kalimantan Timur. Pada Senin (17/1/2022) Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun telah memilih nama baru untuk ibu kota tersebut, yaitu Nusantara.

Hal tersebut pun diungkap oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa. Menurutnya, nama Nusantara dipilih karena kata tersebut sudah populer, hingga sudah dikenal di Internasional.

"saya baru mendapatkan konfirmasi dan perintah langsung dari Bapak Presiden pada Jumat dan beliau mengatakan ibu kota negara ini namanya Nusantara," kata Suharso dalam rapat kerja bersama Pansus IKN, Senin (17/1/2022), melansir Liputan6.com.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Nusantara adalah sebutan (nama) bagi seluruh wilayah kepulauan indonesia.

Terdiri dari dua kata yaitu Nusa dalam bahasa Jawa kuno memiliki arti pulau dan Antara dalam bahasa sansekerta artinya jarak, luar, atau selisis.

Kata Nusantara ini tercatat pertama kali dalam kitab Negarakertagama untuk menggambarkan konsep kenegaraan yang dianut Majapahit; yang kawasannya mencakup sebagian besar Asia Tenggara, terutama pada wilayah kepulauan.

Namun, tidak semua setuju dengan nama tersebut karena mencerminkan Jawa-sentris.

Pemerintah Sudah Matang Pertimbangkan Nama Nusantara

Melansir liputan6.com, Lipu Ketua Panitia Khusus Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (Pansus RUU IKN) Ahmad Doli Kurnia Tandjung mengatakan pemerintah memiliki pertimbangan matang dalam memutuskan nama Nusantara sebagai Ibu Kota Negara.

Menurutnya, kesepakatan nama Nusantara itu dengan pertimbangan matang dengan aspek historis, sosiologis, dan filosofis yang nantinya akan dijelaskan dalam RUU IKN.

"Nama Nusantara sudah disetujui semua fraksi dan telah diputuskan untuk dimasukkan dalam RUU. Agar tidak terjadi kebingungan maka harus diperjelas redaksional terkait dengan kata "Ibu Kota Negara Nusantara" dalam Pasal 1 ayat 2 agar tidak terjadi multitafsir," ujar Doli.

Doli menyampikan ada 80 usulan nama untuk ibu kota baru dan mana yang dipilih adalah ranah pemerintah. Akhirnya, nama Nusantara yang dipilih oleh pemerintah.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading