Sukses

Info

Tips Memulai Bisnis Percetakan Menggunakan Pinjaman Kilat

Fimela.com, Jakarta Setiap orang tentu saja ingin mempunyai usahanya sendiri, bahkan meskipun berstatus sebagai karyawan. Bila kuliner serta fashion sudah menjamur, tidak ada salahnya kamu mencoba membuka bisnis percetakan.

Sekilas, usaha ini memang membutuhkan modal yang besar. Namun, jika tidak memiliki modal untuk membuka usaha sampingan tersebut, pinjaman kilat bisa dijadikan sebagai pilihan,

Keuntungan yang akan kamu dapatkan dari bisnis yang satu ini bisa dikatakan begitu menjanjikan, asalkan kamu mengetahui rincian modal usaha yang akan kamu dirikan serta bisa mengelola modal dari pinjaman dengan baik.

Cara Memulai Bisnis Percetakan

Untuk memulai bisnis percetakan, berikut langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

1. Buat website bisnis yang profesional

Untuk memulai usaha di era yang modern seperti sekarang ini, website bisa menjadi pintu masuknya kesuksesan. Oleh sebab itu kamu tidak boleh mengabaikan hal ini. Dalam usaha percetakan, kamu memiliki kompetitor dalam jumlah yang tidak sedikit.

Dengan menggunakan website bisa membantumu lebih mudah menjangkau calon klien, bahkan dengan jumlah banyak. Jika semakin mudah klien menemukanmu, peluang penjualan tentu saja bisa menjadi semakin besar.

Kamu harus memastikan membuat website yang menarik. Bila kamu menggunakan pinjaman kilat, kamu bisa memasukkan anggaran membuat website dalam modal usahamu.

2. Tunjukkan karya yang terbaik

Kamu harus menyiapkan karya dengan baik dari awal. Kamu harus ingat jika orang hanya akan menggunakan jasa yang berkualitas, serta produk harus sesuai dengan harapan.

Untuk meyakinkan calon klien, kamu harus menunjukkan karya yang terbaik pada bidang desain. Kamu bisa memberikan beberapa contoh sesuai dengan layanan percetakan yang kamu jual.

3. Cantumkan kontak dengan jelas

Bukan hanya harus menggunakan website profesional. Meskipun sebagai bisnis sampingan, kamu harus mencantumkan kontak dengan jelas. Pastikan kontak yang kamu masukkan valid sehingga calon klien akan menghubungimu dengan cepat.

4. Gunakan situs desain profesional

Agar bisa menjalankan usaha ini dengan maksimal, kamu bisa menggunakan situs desain online yang sekarang ini sangat mudah diakses. Di sana, nantinya kamu akan menemukan banyak fitur sehingga bisa membuatmu mengolah desain yang berkualitas tinggi.

Biaya langganan dari situs desain memang tidak murah, sehingga tidak ada salahnya kamu memasukkan biaya ini dalam pinjaman kilat yang akan kamu lakukan.

Modal Bisnis Percetakan yang Harus Disediakan

Bila sudah yakin menggunakan pinjaman kilat tanpa jaminan seperti KTA untuk memenuhi kebutuhan modalmu, kamu harus menulis rincian modal dengan baik untuk menghitung berapa kisaran plafon yang akan kamu ajukan.

Berikut rincian modal untuk bisnis percetakan yang bisa kamu cermati:

  1. Biaya pembuatan website profesional Rp 5 juta
  2. Biaya langganan situs desain profesional Rp 1 juta
  3. Mesin cetak atau mesin printer Rp 10 juta
  4. Komputer dengan prosesor terbaru Rp 8 juta
  5. Mesin pemotong kertas Rp 5 juta
  6. Mesin laminating dan bahan laminasi Rp 2 juta
  7. Tinta mesin cetak Rp 1.5 juta
  8. Kertas dengan berbagai macam jenis Rp 5 juta
  9. CD yang berisi program aplikasi untuk mengedit Rp 500 ribu
  10. CD instalasi program desain Rp 500 ribu
  11. Etalase barang Rp 5 juta

Kamu bisa memenuhi semua kebutuhan modal ini dengan menggunakan pinjaman kilat tanpa jaminan. Namun, tentu saja biaya modal tersebut hanya rincian kasar, selain itu harga di setiap kota juga bisa berbeda. Oleh sebab itu lakukan perbandingan terlebih dahulu kemudian hitung kembali.

Tips Menjalankan Bisnis Percetakan

Agar bisnis yang kamu jalankan ini sukses, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menjalankannya, antara lain:

Cari informasi sebanyak mungkin

Apapun bisnis yang sedang kamu jalankan, mencari informasi dengan selengkap mungkin menjadi hal yang tidak boleh dilupakan. Bahkan informasi yang berkaitan dengan modal.

Jika kamu sudah memutuskan modal yang akan digunakan untuk membuka bisnis sampingan ini dari pinjaman kilat, kamu masih harus menentukan mana bank yang akan digunakan sebagai pilihan.

Selain itu, kamu juga harus mempelajari, apa saja keahlian yang diperlukan agar bisa sukses menggeluti bisnis ini. Bila kamu bukan merupakan orang yang familiar di bidang percetakan, kamu dapat mengikuti kursus terlebih dahulu.

Pesaing merupakan teman

Tidak sedikit orang yang beranggapan jika vendor percetakan lain merupakan pesaing, padahal kamu membutuhkan banyak ilmu dengan mereka. Kamu bisa menjalin kerjasama dengan baik bersama vendor lain.

Menjalin kerjasama dengan baik juga bisa membuatmu memiliki gambaran mengenai percetakan, khususnya untuk melakukan pengelolaan modal. Kamu harus ingat bila modal usaha yang kamu gunakan menggunakan pinjaman kilat tanpa jaminan sehingga kamu harus mengembalikannya.

Memahami seperti apa proses percetakan

Tidak banyak orang yang mengetahui mengapa sebuah usaha akhirnya tidak bisa bersaing serta memilih menutup bisnisnya. Kebanyakan usaha biasanya tidak mengetahui sebenarnya apa usaha yang sedang dilakukan.

Begitu pula dengan usaha percetakan. Kamu harus memahami jika membuat rincian modal saja bukan jawaban paling baik, selain itu mengajukan pinjaman kilat sebagai modal juga harus diiringi dengan tanggung jawab.

Kamu harus memahami seperti apa proses percetakan ini berlangsung mulai dari mendesain hingga melakukan pencetakan sendiri. Bukan hanya sekedar menghafalkan namun memahami.

Buat rancangan bisnismu dengan baik

Kunci dari keberhasilan dalam bisnis ialah niat, keahlian serta rancangan bisnis. Rancangan bisnis menjadi hal penting karena bisnis yang kamu jalankan mengacu pada strategi.

Kamu harus memutuskan rencana setelah mengajukan pinjaman kilat, apa lagi hal yang akan kamu lakukan, kemudian kamu harus belanja kebutuhan modal awal, membiayai biaya operasional awal hingga biaya sampingan seperti untuk membeli cemilan karyawan.

Promosikan usaha yang kamu miliki

Promosi menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Meskipun kamu sudah memiliki website, namun promosi dengan jalan lain tetap harus dilakukan. Kamu dapat melakukan promosi melalui media sosial.

Jika bingung membuat konten promosi sendiri, kamu bisa menggunakan agency. Memang, untuk menggunakan mereka kamu harus membayar sejumlah biaya, kamu bisa memasukkan biaya ini saat akan mengajukan pinjaman kilat.

Jangan menolak order

Hindari menolak order ketika merintis usaha. Kamu bisa mengerjakan satu atau dua klien terlebih dahulu. Jika kamu tidak begitu memahami mengenai percetakan, kamu bisa menerima order dan menyerahkannya pada karyawan yang sudah berpengalaman.

Karena kamu masih berstatus sebagai karyawan, tentu saja kamu harus mempekerjakan karyawan untuk menangani orderan ketika kamu pergi bekerja. Jumlah keuntungan bulananmu bisa membayar cicilan pinjaman sekaligus gaji mereka.

Mempertahankan kualitas

Percuma rasanya jika kamu terus menerus melakukan promosi namun tidak mempertahankan kualitas. Karena kamu menggunakan karyawan untuk mengerjakan semua orderan, namun bisa melakukan evaluasi setiap seminggu sekali.

Kamu bisa melakukan meeting di hari Sabtu kemudian membahas mengenai order yang masuk, serta progress pengerjaan dari semua order yang kamu kerjakan. Dengan cara ini, bisnis yang kamu lakukan bisa berjalan dengan maksimal.

Jangan putus asa

Ketika awal merintis bisnis, putus asa merupakan hal yang wajar, namun jangan pernah menyerah. Ketika akan menyerah, kamu harus membakar semangatmu kembali.

Pilihan Pinjaman Kilat yang Bisa Digunakan untuk Modal Usahamu

Menggunakan pinjaman untuk membiayai modal usaha memang bisa dijadikan pilihan, namun pastikan kamu memilih produk yang tepat. digibank KTA dari digibank by DBS bisa menjadi pilihan.

Bank DBS Indonesia sebagai bank yang menaungi produk pinjaman digibank KTA berkomitmen untuk mengedepankan digibank sebagai sebuah digital banking terbaik agar bisa memenuhi semua kebutuhan finansial yang kamu miliki. Berikut berbagai macam keunggulan yang dimiliki digibank KTA, antara lain:

  1. Proses pengajuan digibank KTA tanpa ribet. Salah satu keunggulan yang dimiliki digibank KTA adalah proses pengajuan tanpa ribet dan bahkan tidak perlu menyertakan dokumen apapun selama proses pengajuan karena kamu cukup menuliskan nomor e-KTP dan NPWP saja pada formulir online. Kamu bisa mengajukan pinjaman kapan saja serta di mana saja dari web go.dbs.com/kta maupun menggunakan Aplikasi digibank by DBS.
  2. Proses approval pengajuan digibank KTA hanya dalam waktu singkat. Ketika melakukan pengajuan digibank KTA, kamu tidak perlu menunggu waktu pengajuan yang lama hingga berhari-hari, karena proses approval hanya dalam waktu 60 detik saja. 
  3. Dana bisa langsung cair ke rekening digibank by DBS. Dana digibank KTA yang kamu ajukan bisa langsung cair di rekening digibank by DBS sampai Rp 80 juta. 
  4. Bunga cukup kompetitif. digibank KTA memiliki bunga yang terbilang kompetitif karena mulai dari 0,95% per bulan. Cicilannya pun cukup terjangkau dengan jumlah tetap maksimum hingga 36 bulan.
  5. Aman serta terpercaya. Kamu tidak perlu khawatir mengajukan pinjaman ini karena digibank KTA sudah terdaftar di OJK.

Dengan berbagai keunggulan tersebut, siapa yang tidak tertarik mengajukan digibank KTA. Jika kamu ingin mengajukan digibank KTA namun belum menjadi nasabah, berikut langkah yang bisa kamu lakukan, seperti:

  1. Apply digibank KTA melalui website go.dbs.com/kta. Pastikan kamu mengklik website resmi.
  2. Tunggu proses persetujuan selama 60 detik, agar proses persetujuan lancar, hindari menutup layar website.
  3. Bila pinjaman disetujui, download Aplikasi digibank by DBS
  4. Lakukan verifikasi biometrik bersama dengan agen digibank untuk tujuan pembukaan rekening pencairan.
  5. Dana akan langsung cair ke rekening digibank hingga mencapai Rp 80 juta.

Namun, bila kamu sudah menjadi nasabah, berikut langkah untuk mengajukan pinjaman digibank KTA, antara lain:

  1. Pada Aplikasi digibank by DBS, kamu bisa mengklik personal loan. Pilihan ini ada pada menu utama aplikasi.
  2. Lengkapi semua data diri yang diperlukan, pastikan kamu sudah mengisi data diri dengan lengkap agar pengajuanmu diterima.
  3. Tunggu proses konfirmasi persetujuan hanya dalam 60 detik. Ketika proses konfirmasi, hindari menutup aplikasi. Kamu bisa menunggu hingga terdapat pemberitahuan pengajuan digibank KTA mu.
  4. Pilih limit serta tenor yang kamu ingini, kamu bisa memilih limit serta tenor sesuai dengan kemampuanmu.
  5. Dana akan cair real time hingga mencapai Rp 80 juta.

digibank KTA memang bisa menjadi solusi saat kamu ingin memulai usaha sampingan namun bingung dengan ketersediaan modal. Ajukan pinjaman kilat ini sekarang juga dan dapatkan keuntungannya.

 

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading