Sukses

Info

Kemenkes Berikan Konsultasi Online dan Obat Gratis Untuk Isoman Pasien Omicron di Area Jabodetabek, Begini Caranya

Fimela.com, Jakarta Kasus varian Covid-19 Omicron semakin hari semakin meningkat, jika sahabat Fimela menjadi salah satu yang terinfeksi dan sedang melakukan isoman tak perlu khawatir. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) akan menyediakan telekonsultasi jika ingin berkonsultasi keluhan selama isoman.

Tak hanya itu, Kemenkes juga akan memberikan paket obat-obatan gratis bagi pasien Omicron. Lalu bagaimana caranya? Sahabat Fimela cukup membuka lama isoman.kemkes.go.id.

Namun, pastikan untuk melakukan tes PCR di laboratorium yang terafiliasi dengan Kemenkes. Jadi saat PCR, wajib tanya dulu apakah terhubung dengan Kemenkes.

Hal tersebut penting karena jika hasilnya positif, lab tersebut akan langsung melaporkan ke database kasus positif COVID-19 di Kemenkes (NAR). Setelah itu, sahabat Fimela akan menerima Whatsapp dari Kemenkes secara otomatis. Agar tidak menjadi penipuan, nomer whatsap tersebut sudah centang biru.

Jika sudah tidak segara mendapatkan whatsap, langsung cek NIK secara mandiri di situs isoman.kemkes.go.id.

17 layanan telemedisin

Jika sudah mendapat pemberitahuan dari whatsap, pasien isoman omicron bisa berkonsultasi online dengan dokter di salah satu dari 17 layanan telemedisin, seperti Alodokter, Aido Health, GetWell, Good Doctor, Halodoc, Homecare24, KlikDokter, KlinikGo, Lekasehat, LinkSehat, Mdoc, Milvik Dokter, ProSehat, SehatQ, Trustmedis, Vascular Indonesia, dan YesDok.

Caranya dengan menekan link yang ada di pesan WhatsApp dari Kemenkes atau di link yang muncul ketika pengecekan NIK mandiri di situs isoman.kemkes.go.id/panduan. Lalu, memasukkan kode voucher agar bisa konsultasi dan dapat paket obat gratis isoman.

Lakukan konsultasi dokter dengan menginformasikan sahabat Fimela adalah pasien program Kementerian Kesehatan.

Cara tebus obat

Dokter akan memberikan resep digital sesuai dengan kondisi pasien setelah melakukan konsultasi online. Jika pasien masuk dalam kategori yang dapat melakukan isoman, obat dapat ditebus gratis.

Untuk menebus resep obat gratis dari Kemenkes, pasien harus mengisi formulir pesanan yang tersedia pada menu Pesan Obat dengan mengunggah resep digital (JPG atau screen capture) yang dikeluarkan dari platform telemedisin, KTP, dan melengkapi alamat pengiriman.

Melansir liputa6.com, obat atau vitamin akan ditanggung oleh Kemenkes sesuai dengan ketentuan. Kemenkes bekerja sama dengan jasa pengiriman untuk mengambil obat dan/atau vitamin dari Apotek Kimia Farma dan mengirimkan ke alamat pasien, sementara program ini hanya berlaku untuk area Jabodetabek.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading