Sukses

Info

Thailand Ubah Nama Ibu Kota yang Diganjar Rekor Dunia Saking Panjangnya

Fimela.com, Jakarta Thailand dikenal sebagai negara dengan bahasa njlimet dan punya alfabetnya sendiri yang dikenal dengan Bahasa Thai. Beruntung nama negara dan ibu kotanya cukup mudah disebut, Thailand dan Bangkok.

Nah, kini penyebutan nama ibu kota Thailand akan semakin rumit sejak Kerajaan Thailand mengubah nama ibukotanya. Dari Bangkok menjadi Krung Thep Maha Nakhon yang memiliki makna "Kota Agung Para Malaikat". 

Nama Krung Thep Maha Nakhon yang sudah cukup panjang tersebut rupanya juga merupakan singkatan. Nama lengkapnya adalah Krung Thep Mahanakhon Amon Rattanakosin Mahinthara Ayuthaya Mahadilok Phop Noppharat Ratchathani Burirom Udomratchaniwet Mahasathan Amon Piman Awatan Sathit Sakkathattiya Witsanukam Prasit.

Wow, banget, ya! Saking panjangnya sampai diganjar Guiness World Records sebagai lokasi dan nama terpanjang, melansir dari Liputan6.com. Sebenarnya nama Krung Thep Maha Nakhon memang jamak dipakai oleh warga lokal yang umumnya disingkat menjadi 'Krung Thep'.

Lihat Ganjar Pranowo di Merdeka.com

Bangkok Masih Bisa Digunakan

Namun, lembaga pemerintah Royal Society mengatakan jika Bangkok masih bisa dipakai meski sudah mengubah nama ibu kota barunya. Hal itu tentu memudahkan para wisatawan asing dalam penulisan dan pelafalannya.

"Menulis nama resmi ibu kota dengan alfabet Romawi bisa dilakukan dengan menulis Krung Thep Maha Nakon dan Bangkok," jelas Royal Society.

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading