Sukses

Info

Kurang Ampuh Lawan Omicron, AS Tunda Vaksin Pfizer untuk Balita

Fimela.com, Jakarta Saat ini vaksin merupakan solusi paling efektif untuk menekan penyebaran virus Covid-19 Varian Omicron. Ada banyak vaksin yang tersebar di seluruh dunia untuk meminimalisir penularan Covid-19 tersebut. Tetapi, kita juga perlu mengedukasi diri sendiri vaksin mana yang dirasa cocok dan efektif untuk menghentikan penyebaran virus Covid-19.

Dikutip dari Liputan6.com, Regulator kesehatan Amerika Serikat menunda peninjauan vaksin COVID-19 Pfizer untuk anak di bawah 5 tahun atau balita lantaran regimen dua dosisnya tidak ampuh melawan varian Omicron, demikian laporan Wall Street Journal (WSJ) pada Jumat (18/2). Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) memutuskan untuk menunda penggunaan vaksin pada anak usia 6 bulan-4 tahun, setidaknya selama dua bulan. Hal ini dikarenakan meraka memerlukan lebih banyak data tentang vaksin tersebut.

Dianggap Kurang Ampuh Melawan Omicron

Gambaran pada data menunjukkan bahwa vaksin tersebut ampuh untuk melawan Varian Delta selama masa pengujian, sewaktu Delta masih menjadi dominan. Namun, hal tersebut dianggap tidak efektif karena sejumlah anak yang sudah divaksin menderita COVID-19 begitu Omicron muncul, bunyi laporan tersebut, mengutip orang-orang yang mengetahui keputusan FDA - Reuters mewartakan sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (20/2/2022).

Pfizer dan BioNTech telah mengajukan data tentang dua dosis pertama dari rencana regimen tiga dosis awal Februari ini atas permintaan FDA. Pihak Pfizer tidak mengungkapkan data tentang efikasi. Justru ada pengajuan itu mengejutkan, sebab pada Desember 2021 kedua perusahaan mengatakan hasil uji coba awal dari vaksin dua dosis rendah tidak seperti yang dibayangkan dan uji klinis beralih untuk menguji versi tiga dosis.

Berikut 8 Langkah Efektif dalam Menghadapi Potensi Penularan Covid-19 Varian Omicron

  1. Memakai Masker dengan Benar
  2. Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan
  3. Mencuci Tangan Pakai Sabun/Hand Sanitizer
  4. Menghindari Ruangan dengan Ventilasi yang Buruk
  5. Menerapkan Etika Batuk / Bersin
  6. Mengikuti Program Vaksinasi Covid-19
  7. Kurangi Mobilitas
  8. Dan Selalu Menjaga Kesehatan

Penulis : Saffa Sabila

#Woman For Woman

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading