Sukses

Info

Kapan Indonesia Mulai Transisi ke Endemi Covid-19 Seperti Negara Lain?

Fimela.com, Jakarta Pelonggaran pembatasan sosial beberapa negara menjadi topik hangat yang ramai dibahas, termasuk di Indonesia. Banyak dari kita yang bertanya-tanya, kapan Indonesia akan mulai transisi dari pandemi Covid-19  menuju endemi seperti Inggris sampai Singapura. 

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menjawab jika Indonesia tidak perlu latah ikut-ikutan. Namun, bukan berarti Indonesia tidak melakukan apa-apa, proses menuju transisi tetap dilakukan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, seperti yang ditulis Liputan6.com.

Luhut menambahkan jika usulan konsep, kriteria, dan indikator transisi pandemi ke endemi masih terus disempurnakan dengan para pakar dan ahli di bidangnya. Salah satu syaratnya adalah meningkatkan vaksinasi dosis kedua dan booster terutama bagi para lansia. 

Ia meminta pada masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin ketiga atau yang sudah divaksin lengkap dalam rentang waktu 6 bulan dapat langsung mendatangi gerai-gerai vaksin yang disediakan. Tak lupa ia meminta bantuan pada pemerintah daerah untuk aktif mensosialisasikan dan memaksimalkan jumlah vaksin booster.

Indikator Pemerintah Menggunakan Pra-Kondisi Endemi

Luhut menambahkan jika pemerintah menggunakan pra-kondisi endemi sebagai pijakan indikator. Seperti tingkat kekebalan masyarakat yang tinggi dengan tingkat kasus Covid-19 yang rendah.

Hingga kapasitas respons fasilitas kesehatan yang memadai maupun menggunakan surveilans aktif. Selain itu, pra-kondisi juga harus terjadi dalam rentang waktu yang cukup panjang dan sudah stabil.

Jadi, kapan Indonesia mecapai cita-cita transisi dari pandemi ke endemi? Salah satunya tergantung keinginan dari masyarakatnya sendiri, terutama urusan vaksinasi.

#WomenForWomen 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading