Sukses

Info

4 Manfaat Facebook Reels yang Baru Diluncurkan, Bisa Hasilkan Cuan Lho

Fimela.com, Jakarta Kini media sosial bisa dimanfaat untuk menghasilkan uang jika kita rutin untuk membuat konten yang bermanfaat, edukatif, hingga entertaiment. Facebook pun menjadi salah satu media sosial yang dapat membantu kreator menghasilkan cuan.

Apalagi, saat ini Facebook baru saja meluncurkan fitur terbaru yaitu Facebook Reels. Fitur ini sudah dapat dijangkau 150 negara di dunia. Alat kreasi baru ini sudah bisa diunduh melalui perangkat iOS maupun Android.

Sejak diluncurkan di AS, telah banyak kreator seperti Kurt Tocci (dan kucingnya, Zeus) berbagi sandiwara komedi, pengarang dan penulis Bulletin Andrea Gibson menawarkan pembacaan puisi mereka yang diterbitkan, pasangan Nigeria-Amerika Ling dan Lamb yang mencoba makanan baru, dan penari serta kreator Niana Guerrero melakukan tarian yang sedang tren, seperti #ZooChallenge menggunakan Facebook Reels ini.

Penasaran apa saja kelebihannya dibanding reels di media sosial lain? Berikut ulasannya.

1. Format Konten dengan Pertumbuhan Tercepat

Format konten video saat ini mendominasi sebagian besar dari waktu yang dihabiskan orang di Facebook dan Instagram, dan Reels adalah format konten yang paling cepat berkembang sejauh ini.

Facebook reels berfokus untuk menjadikan Reels sebagai cara terbaik bagi para kreator untuk lebih mudah ditemukan, terhubung dengan audiens, dan menghasilkan uang. Juga lebih menyenangkan dan mudah bagi orang untuk menemukan dan berbagi konten yang relevan dan menghibur.

2. Lebih Banyak Cara untuk Menghasilkan Uang dari Facebook Reels

Menciptakan berbagai peluang bagi kreator untuk mendapatkan penghasilan melalui konten di Reels mereka. Dengan memiliki Program bonus Reels Play, yang merupakan bagian dari investasi untuk kreator senilai 1 miliar USD, untuk membantu kreator konten dengan jumlah hingga 35.000 USD berdasarkan jumlah views Reels mereka.

Bonus ini telah membantu kreator seperti Jason the Great mendanai produksi Reels, dan untuk lebih memahami jenis konten seperti apa yang disukai di Facebook. Dalam beberapa bulan mendatang, akan memperluas program ini ke lebih banyak negara, sehingga lebih banyak kreator dapat memperoleh penghargaan karena membuat Reels yang disukai oleh penggemar mereka.

Berdasarkan pengalaman dalam membantu kreator memperoleh penghasilan yang signifikan dari produk monetisasi seperti iklan in-stream dan Stars,  juga membangun opsi monetisasi langsung untuk Facebook Reels melalui bagi hasil iklan dan dukungan penggemar.

Memperluas pengujian Facebook Reels Overlay ke semua kreator di AS, Kanada, dan Meksiko, dan ke lebih banyak negara dalam beberapa pekan mendatang. Memulai dengan dua format: iklan spanduk (banner) yang muncul sebagai format semi-transparan di bagian bawah Reel Facebook, dan iklan stiker: iklan gambar statis yang dapat ditempatkan oleh kreator di mana saja di dalam reel mereka. Iklan jenis ini memungkinkan kreator memperoleh sebagian dari pendapatan iklan.

Serta meluncurkan brand suitability controls, termasuk Publisher Lists, Blocklists, Inventory Filters, dan Delivery Reports untuk Iklan Spanduk (Banner) dan Stiker di Facebook Reels di setiap wilayah dimana fitur tersebut tersedia, memberikan kendali lebih bagi pengiklan agar iklan mereka tidak munculdi tempat-tempat yang kurang sesuai dengan merek atau produk mereka. 

3. Fitur Pengeditan yang Lebih Banyak

Selain fitur-fitur yang diumumkan tahun lalu, konten kreator di seluruh dunia juga akan dapat mengakses:

● Remix: Buat Reels sendiri berdampingan dengan Reels yang sudah ada dan dibagikan kepada publik di Facebook. Saat membuat Remix, dapat membuat Reels yangmencakup semua atau sebagian dari konten Reels kreator lain.

● 60-second Reels: Membuat Reels dengan durasi hingga 60 detik.

● Drafts: Dalam waktu dekat, dapat membuat Reels dan memilih opsi “Simpan Sebagai Draf” di bawah tombol Simpan.

● Video Clipping: Dalam beberapa bulan mendatang, Facebook berencana untuk meluncurkan fitur yang akan memudahkan kreator yang memublikasikan video rekaman langsung atau berdurasi panjang untuk menguji berbagai format konten video.

4. Buat dan Temukan Reels di Tempat Baru

Dalam beberapa pekan mendatang, Facebook akan meluncurkan pembaruan berikut untuk mempermudah dalam membuat dan menemukan Reels:

● Reels in Stories: Dapat membagikan Reels ke Facebook Stories, membuatnya lebih mudah untuk berbagi Reels favorit dengan teman-teman dan memberikan kreator visibilitas dan jangkauan yang lebih luas. Juga dapat membuat Reels dari konten Stories yang ada.

● Reels in Watch: Dapat menonton Reels langsung di tab Watch, juga sedang mengembangkan alat untuk membantu membuat Reels di tab Watch.

● Top of Feed: Menambahkan label Reels baru di bagian atas Beranda, sehingga dapat lebih mudah membuat dan menonton Reels.

● Suggested Reels in Feed: Di negara tertentu, akan mulai memberikan saran tentang konten Reels yang mungkin disukai di Beranda dari orang yang belum diikuti. Juga mencari cara untuk memudahkan kreator membagikan Reels ke audiens mereka diFacebook dan Instagram, seperti crossposting.

Dapat menemukan Facebook Reels di Beranda, Grup, dan Watch. Saat melihat Reels, dapat mengikuti kreator Reels tersebut langsung dari video, menyukai dan mengomentarinya atau membagikannya kepada teman-teman.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading