Sukses

Info

Cara Mencairkan Dana Bantuan Program Indonesia Pintar 2022 untuk Siswa SD, SMP dan SMA

Fimela.com, Jakarta Bantuan pendidikan Program Indonesia Pintar (PIP) Maret 2022 sudah disalurkan kepada siswa yang tergolong kurang mampu. Pengumuman dana PIP Maret 2022 yang sudah cair disampaikan langsung melalui akun Instagram Puslapdik Kemendikbud RI.

“Halo, sobat PIP. Pada bulan Maret tahun 2022 dana PIP tahun 2022 telah disalurkan lho! Masing-masing sekolah dapat melihat SK Penerima PIP pada aplikasi SIPINTAR,” tulis @puslapdik_dikbud dalam keterangan foto, pada (11/3/2022).

Program Indonesia Pintar adalah salah satu bantuan yang ditujukan untuk membantu memperluas akses bagi siswa dalam proses belajar. Program ini merupakan kerja sama dari tiga Kementerian yaitu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Sosial (Kemensos), dan Kementerian Agama (Kemenag).

Bantuan Program Indonesia Pintar akan membiayai sejumlah besaran dana yang diberikan pada keluarga siswa yang kurang mampu melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP). Dana bantuan ini dapat digunakan untuk membantu biaya personal pendidikan siswa, seperti membeli perlengkapan sekolah/kursus, uang saku, biaya transportasi, dan biaya praktik tambahan serta biaya uji kompetensi.

Sebelum melakukan penarikan dana, pelajar bisa cek daftar penerima PIP 2022 terlebih dahulu lewat situs pip.kemdikbud.go.id. Lalu, bagaimana cara cek daftar penerima dan cara mencairkan dana bantuan Program Indonesia Pintar 2022? Simak berikut ini selengkapnya, sahabat Fimela.

 

Cara Cek Daftar Penerima PIP 2022

  1. Kunjungi laman pip.kemdikbud.go.id
  2. Masukkan data yang diminta, seperti Nomor Induk Siswa Nasional atau NISN, tanggal, bulan dan tahun lahir siswa, serta nama ibu kandung siswa.
  3. Kemudian, klik cari dan tunggu hingga selesai.
  4. Jika siswa terdaftar sebagai penerima bansos PIP 2022, maka akan muncul informasi tentang nama siswa, alamat siswa, sekolah asal siswa, serta bank yang menyalurkan bantuan.

Cara Mencairkan Dana Bantuan PIP 2022

Siswa dan orangtua atau wali bisa mendatangi bank dengan membawa buku rekening Simpel atau Simpanan Pelajar dan melakukan penarikan dana ke bank yang ditunjuk pemerintah sebagai penyalur, yakni BRI dan BNI.

Bagi peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C dapat melakukan penarikan dana di bank BNI. Sementara bagi peserta didik SD/MI/Paket A dan peserta didik SMP/MTs/Paket B dapat melakukan penarikan dana di Bank BRI.

Penarikan dana bantuan ini bisa dilakukan setelah melakukan aktivasi rekening SimPel. Selain menggunakan buku rekening SimPel, siswa serta orangtua atau wali bisa melakukan penarikan dana PIP 2022.

Besaran Dana Bantuan PIP 2022

Adapun besaran dana bantuan PIP 2022 yang akan didapat dari siswa adalah sebagai berikut:

  1. Peserta didik SD/MI/Paket A mendapatkan Rp450.000 per tahun dan akan dicairkan setiap semester dengan besaran Rp225.000.
  2. Peserta didik SMP/MTs/Paket B mendapatkan Rp750.000 per tahun dengan besaran  setiap tahun yang dicairkan Rp375.000 per semester.
  3. Peserta didik SMA/SMK/MA/Paket C mendapatkan Rp1.000.000 per tahun dengan besaran setiap tahun yang dicairkan Rp500.000 per semester.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading