Sukses

Info

Shopee Hadirkan Kampus UMKM di Malang untuk Meningkatkan Ketrampilan Digital

Fimela.com, Jakarta Semakin berkembangnya teknologi, perlu diimbangi dengan kemampuan orang-orang yang terlibat di dalamnya. Untuk mewadahi hal tersebut, Shopee mendirikan Kampus UMKM di kota Malang. Diresmikan oleh  Gubernur Jawa Timur,  Khofifah Indar Parawansa pada hari ini (12/4). Kampus tersebut dihadirkan sebagai langkah mendorong dan mempermudah digitalisasi bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

"Hadirnya kampus ini pelaku UMKM Jawa Timur bisa mendapatkan harapan dan energi baru untuk bisa naik kelas, menjadi lebih besar, dan meluaskan jejaring," ungkap Khofifah, dikutip dari rilis yang diterima Fimela.

Tantangan untuk Pelaku UMKM

Dalam kesempatan tersebut, Khofifah juga menegaskan tantangan utama dalam mengembangkan UMKM adalah masalah permodalan dan pemasaran. Kampus tersebut akan mempermudah digitalisasi lebih banyak pelaku UMKM di Provinsi Jawa Timur, khususnya Kota Malang dan sekitarnya.

Lewat peningkatan keterampilan digital, para UMKM bisa semakin memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia yang dapat mendukung perkembangan ekonomi dan memperbesar peluang terciptanya lapangan pekerjaan.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menggandeng Shopee Indonesia dengan menghadirkan Kampus UMKM Shopee Malang. Lokasi layanan tersebut berada di  UPT Pelatihan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Timur di Perumahan BTU Kota Malang.

Kampus UMKM Kedelapan di Malang

Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Handhika Jahja mengungkapkan komitmenya kepada pelaku UMKM dan masyarakat pada umumnya. Kampus di Malang sebagai yang ke-8 di Indonesia.

“Sejak Mei 2021, kami hadirkan Kampus UMKM Shopee di berbagai kota untuk membantu peningkatan keterampilan digital UMKM lokal agar lebih berdaya saing, " tegasnya.

Potensi besar pelaku UMKM mendorong untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Jawa Timur.  Hadirnya Kampus UMKM Shopee Malang menjadi one-stop servis untuk solusi jutaan UMKM lokal dan dapat memperkuat ekosistem digital yang akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kampus akan memberikan fasilitas-fasilitas gratis bagi pelaku UMKM. Jadi, Sahabat Fimela dapat mengikuti berbagai kelas yang akan diberikan oleh trainer terlatih.

Pelatihan berupa pendaftaran dan pembuatan toko di Shopee, pengaturan pengiriman dan pengelolaan seller centre, pengembangan usaha, cara mengoptimalkan sistem pemasaran secara digital, serta fitur-fitur penunjang bisnis yang tersedia di aplikasi Shopee.

Mereka juga akan mendapat pendampingan terkait administrasi dan operasional toko, hingga peningkatan performa bisnis termasuk pembukuan. Selain itu juga tersedia fasilitas gratis berupa studio foto, ruang live streaming,  ruang pertemuandan area pameran produk.

Menarik sekali ya, sahabat Fimela. Tertarik untuk bergabung di Kampus UMKM ini? Semoga informasi ini bermanfaat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading