Sukses

Info

Mudik Lebaran 2022 Kembali Ramai, Pastikan Tubuh tetap Fit selama Perjalanan dengan 4 Hal Ini

Fimela.com, Jakarta Pemerintah sudah membolehkan masyarakat Indonesia melakukan mudik di Lebaran 2022 ini. Tidak heran jika kamu melihat jalanan kembali ramai dan banyak orang berbondong-bondong kembali ke kampung halaman mereka.

Puncak mudik Lebaran 2022 diperkirakan jatuh di tanggal 28, 29, dan 30 April ini, apa kamu salah satu yang juga melakukan mudik di tanggal-tanggal tersebut, Sahabat FIMELA? Melakukan perjalanan jauh tentu membuat tubuhmu membutuhkan lebih banyak energi, terutama masih dalam bulan puasa, jika dibandingkan melakukan aktivitas harian lainnya.

Jangan asal mudik, pastikan kamu mendapatkan asupan yang tepat dan istirahat yang cukup. Berikut ini adalah beberapa tips melakukan mudik di bulan puasa.

1. Istirahat yang cukup

Pastikan kamu memiliki waktu tidur yang cukup sebelum melakukan perjalanan jauh. Hal ini untuk memastikan tubuhmu fit untuk mengendarai kendaraan dalam waktu yang lama.

 

 

2. Menyiapkan perbekalan yang bergizi

Mudik Lebaran 2022 ini masih dalam bulan puasa, sehingga pastikan kamu menyiapkan perbekalan sahur dan buka puasa yang bergizi. Mengonsumsi karbohidrat kompleks, seperti nasi, kentang, atau roti gandum sebagai sumber energi sangat disarankan.

Untuk asupan protein hewaninya, kamu bisa menyiapkan lauk ayam, daging, ikan, atau telur. Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan protein nabati, siapkan juga tahu dan tempe, serta buah-buahan yang mengandung vitamin C, zinc, dan kalsium.

Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu berlemak, gorengan, santan, dan pedas saat sahur, karena jenis makanan ini bisa menyebabkan perut kembung, begah, hingga nyeri ulu hati di perjalanan. Pastikan juga kamu mengonsumsi air putih yang cukup.

Solusi praktis yang bisa kamu bawa-bawa dan konsumsi setiap saat dengan mudah adalah susu kurma. Kamu pasti telah sering mendengar manfaat baik dari susu, yang mengandung makronutrien dan mikronutrien yang diperlukan tubuh.

Susu segar mengandung protein, kalsium, fosfor, dan vitamin D yang baik untuk kekuatan tulang dan otot. Selain itu, susu juga mengandung berbagai vitamin dan mineral, seperti vitamin A, vitamin E, seng, dan selenium yang berfungsi sebagai antioksidan, serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.

Sedangkan kurma, menurut data USDA (United States Department of Agriculture) Food Data Central, mengandung karbohidrat yang tinggi, protein, lemak, serat, dan berbagai vitamin, serta mineral. Kurma juga tinggi akan karbohidrat, seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa yang merupakan sumber energi tubuh selama kamu menjalankan puasa.

Glukosa dan fruktosa pada kurma adalah bentuk gula sederhana yang bisa cepat digunakan tubuh sebagai sumber energi. Milklife beberapa waktu lalu memperkenalkan Susu Milklife Rasa Kurma, varian rasa terbaru yang memadukan kebaikan antara susu dan kurma, bisa jadi pilihan asupan terbaik, yang juga pastinya praktis untuk dibawa-bawa dan dikonsumsi setiap waktu.

3. Istirahat saat lelah

Jika kamu melakukan mudik menggunakan kendaraan pribadi, beristirahatlah ketika merasa lelah. Pemerintah telah benar-benar mempersiapkan fasilitas memadai untuk para pemudik, seperti posko khusus yang bisa digunakan untuk beristirahat sejenak.

4. Membawa obat-obatan pribadi

Terakhir, pastikan kamu membawa obat-obatan pribadimu. Jaga diri dan keluarga sampai di tujuan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan, serta patuhi aturan lalu lintas dan menjaga kesehatan fisik-mental sepanjang perjalanan. Selamat mudik, Sahabat FIMELA!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading