Sukses

Info

Peringati Hari Lahir Pancasila di Ende, Jokowi Mengunjungi Rumah Pengasingan Soekarno Hingga Dianugerahi Gelar Adat

Fimela.com, Jakarta Untuk pertama kalinya, upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni dilaksanakan di luar Gedung Pancasila, Jakarta. Di tahun 2022 ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara langsung di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (1/6/2022).

Upacara tersebut pun disiarankan langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden. Jokowi bertindak sebagai inspektur upacara dan akan memberikan amanat.

Jokowi dibalut dengan baju adat Ende, yaitu Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala warna orangenya. Begitu pun dengan Ibu Iriana Jokowi, tampak mengenakan kain motif tradisional Ende berwarna ungu tua untuk bawahannya dan slendang warna cokelat.

Dalam akun Instagram @jokowi pun, beliau pun membagikan kegiatannya di Ende. Mulai dari kedatangan yang disambut masyarakat di Simpang Lima sebelum menuju hotel. 

Jokowi pun berkunjung ke Rumah Pengasingan Soekarno. Ia pun menuliskan caption jika Soekarno pernah tinggal selama 4 tahun (1934-1938) saat menjalani pengasingan oleh kolonial. Rumah tersebut pun nampak sederhana. Hari-hari bung Karno dihabiskan dengan berkebun, membaca, menulis.

“Di sini pula, Bung Karno memikirkan dan menggagas nilai-nilai Pancasila yang kelak menjadi dasar negara,” tulis Jokowi.

Jokowi juga menambahkan, jika jejak Bung Karno masih terlihat di rumah itu berupa berbagai macam barang peninggalan sang Proklamator, lukisan tangannya, juga naskah sandiwara yang ditulisnya. Rumah ini menjadi bagian dari sejarah perjalanan Indonesia.

Lalu rombongan Jokowi ini pun mengunjungi pohon sukun yang rindang. Ia mengatakan Soekarno kerap datang dan duduk di pohon tersebut untuk berkontemplasi, pada masa-masa pengasingannya di Ende, sebelum kemerdekaan.

"Di kota ini kutemukan lima butir mutiara. Di bawah pohon sukun ini pula kurenungkan nilai-nilai luhur Pancasila," kata Bung Karno suatu ketika. 

Dianugerahi gelar adat

Tak hanya itu, Presiden Jokowi pun dianugerahi gelar tua adat oleh masyarakat Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), Rabu (1/6). Penganugerahan gelar adat ini dilakukan di Rumah Tenun Ende.

Jokowi menuju Rumah Tenun Ende usai memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, disambut Tarian Woge.Adapun gelar adat yang diberikan kepada Jokowi yakni, 'Mosolaki Ulu Beu Eko Bewa' yang memiliki arti Pemimpin Wilayah Indonesia dari Sabang Sampai Merauke.

Jokowi lalu menyaksikan Bupati Ende memutari tugu sebanyak empat kali dimana memiliki arti penyatuan dari alam. Dan berterima kasih kepada masyarakat Ende atas sambutan hangatnya kepada dirinya dan rombongan.

"Inilah yang menurut saya kenapa Bung Karno memiliki pemikiran dan renungan-renungan mengenai Pancasila yang dimulai dari Ende, karena saya merasa beliau berada dalam kehangatan masyarakat yang selalu dekat dengan pemimpinnya," sambung dia.

#women for women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading