Sukses

Info

Jenazah Eril akan Tiba di Indonesia Hari Ini, Minggu 12 Juni 2022 dan Dimakamkan Esok Harinya

Fimela.com, Jakarta Jenazah Emmeril Kahn Mumtadz atau akrab disapa \ sedang diterbangkan ke Indonesia, sejak kemarin, Sabtu (11/6/2022). Jenazah dijadwalkan akan tiba di Indonesia, pada hari Minggu sore ini (12/6/2022).

Melalui konferensi pers secara virtual, Direktur PWNI dan BHI Kemlu RI Joedha Nugraha mengatakan bahwa Ridwan Kamil didampingi oleh pejabat KBRI Bern telah berada di Zurich Airport pada hari Sabtu kemarin. Ridwan Kamil beserta keluarga diterbangkan dalam satu pesawat dengan jenazah Eril dan take off pada jam 10.10 waktu setempat atau 15.10 WIB.

Begitu tiba di Soekarno Hatta pada sore ini, sekitar jam 15.45 WIB, jenazah akan langsung dibawa ke Bandung melalui jalan darat. Sejak jasad Eril ditemukan pada tanggal 8 Juni 2022 lalu, repatriasi dilakukan oleh KBRI Bern, yang juga termasuk pengurusan keputusan pengadilan kantor Bern untuk izin serah terima jenazah.

 

 

Emmeril Kahn Mumtadz

Otoritas setempat juga telah melakukan death certificate, penerbitan surat keterangan kematian yang dilakukan oleh KBRI Bern, pemulasaran jenazah sesuai syariat Islam, hingga pemetian jenazah sesuai dengan standar penerbangan. Nantinya, Eril direncanakan akan dimakamkan di Cimaung, Kabupaten Bandung, pada hari Senin (13/6/2022).

Terkait pemakaman, Kepala Bidang Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo menyatakan bahwa pengawalan dan pengamanan akan dilakukan, karena diperkirakan akan banyak masyarakat yang ikut menghadiri prosesi pemakaman. Pengawalan akan dilakukan tidak hanya di rute menuju lokasi pemakaman, tapi pengaturan juga akan dilakukan di lokasi pemakaman.

Petugas yang akan terlibat nantinya adalah dari pihak Polresta Bandung. Erwin Muniruzaman, kakak dari Ridwal Kamil menegaskan bahwa acara pemakaman Eril akan berlangsung khusus untuk pihak keluarga, karena keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi.

Emmeril Kahn Mumtadz

"Untuk acara pemakaman, mengingat keterbatasan situasi dan kondisi di lokasi pemakaman, kami memfokuskan untuk proses pemakaman ini utamanya dari pihak keluarga, sehingga kami mohon maaf berkenan untuk yang sudah menyampaikan doa di Gedung Pakuan itu tidak perlu ke pemakaman," ujar Erwin dalam konferensi pers yang disiarkan Kemenlu RI, pada Sabtu (11/6/2022).

Pihak keluarga Ridwan Kamil akan menjadikan Rumah Dinas Gubernur Jabar di Gedung Pakuan sebagai rumah duka. Walaupun membatasi pelayat saat prosesi pemakaman Eril, Erwin mengatakan bahwa warga dipersilakan untuk ziarah ke kubur setelah Eril dimakamkan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading