Sukses

Info

2 Jenis Vaksin Covid-19 yang Diizinkan FDA dan CDC untuk Balita 6 Bulan, Apa Saja?

Fimela.com, Jakarta Badan Pengawas Obat dan Makanan (Food and Drug Administration atau FDA) Amerika Serikat akhirnya mengizinkan dua jenis vaksin Covid-19 yakni Pfizer dan Moderna untuk diberikan pada anak-anak usia 6 bulan. Hal ini juga disetujui oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS pada Sabtu (18/6/2022).

Komisaris FDA Robert M Califf mengatakan sudah banyak orangtua, pengasuh, dan dokter yang menunggu vaksin Covid-19 untuk anak berusia di bawah 6 bulan yang bisa membantu melindungi mereka dari virus corona.

“Kami berharap bahwa vaksin untuk anak-anak yang lebih muda akan memberikan perlindungan dari hasil Covid-19 yang paling parah, seperti rawat inap dan kematian,” ujar Califf, seperti yang dikutip dari laman resmi FDA.

Menurut keterangan, vaksin Moderna sudah mengubah otorisasi penggunaan darurat (EUA) untuk menggunakan vaksin pada anak usia 6 bulan hingga 17 tahun. Sebelumnya, vaksin Covid-19 tersebut hanya digunakan untuk orang dewasa usia 18 tahun ke atas.

Demikian pula dengan vaksin Covid-19 Pfizer yang sudah mengubah EUA-nya, sehingga kini bisa digunakan untuk anak usia 6 bulan hingga 4 tahun di Amerika Serikat. Sebelumya, vaksin ini hanya diperbolehkan untuk individu berusia 5 tahun ke atas.

 

Berapa Dosis Vaksin Covid-19 yang Diberikan untuk Balita?

Lebih lanjut, FDA menerangkan bahwa vaksin Moderna yang bisa digunakan untuk anak usia 6 bulan hingga 17 tahun tersebut akan diberikan dua dosis secara terpisah dengan interval satu bulan.

Vaksin Moderna juga diizinkan untuk diberikan sebagai vaksin booster. Namun dengan interval satu bulan setelah dosis kedua untuk individu yang memiliki masalah pada gangguan imunitas tertentu.

Sedangkan vaksin Pfizer diberikan tiga dosis, di mana dua dosis awal diberikan dengan selang waktu tiga minggu diikuti dengan dosis ketiga yang diberikan setidaknya delapan minggu setelah dosis kedua pada anak usia 6 bulan hingga 4 tahun.

Uji Klinis pada Anak-anak

FDA memastikan pihaknya telah melakukan evaluasi dan analisis secara ketat. Mengingat kedua vaksin ini akan diberikan pada anak-anak. Efektivitas dan keamanan Moderna sendiri sudah dilakukan dalam dua uji klinis terkontrol pada anak-anak secara acak di Amerika Serikat dan Kanada.

Hasil menunjukkan respon imun dari 230 anak berusia 6 hingga 23 bulan dan 260 anak berusia 2 hingga 5 tahun yang menerima dua dosis Moderna menunjukkan adanya respon imun yang sebanding dengan orang dewasa.

Sedangkan Pfizer yang uji klinisnya dilakukan pada anak usia 6 bulan hingga 4 tahun dengan tiga dosis juga menunjukkan hasil yang sesuai dengan respons imun yang ada pada orang dewasa.

Meski telah mendapatkan izin dari FDA, Moderna dan Pfizer masih akan terus dipantau kedepannya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading