Sukses

Info

Apa Saja yang Termasuk 7 Keajaiban Dunia? Candi Borobudur Termasuk?

Fimela.com, Jakarta Jika mendengar soal 7 keajaiban dunia apa yang terpikir di benakmu? Mungkin Candi Borobudur adalah salah satu yang terpikirkan.

Namun ternyata, Candi Borobudur bukanlah bagian dari tujuh keajaiban dunia. Mengutip dari laman resmi New 7 Wonders of the World, Senin (18/7/2022) terdapat daftar 7 Keajaiban Dunia.

Terdiri dari Tembok Besar China, Petra Yordania, Colosseum Italia, Machu Picchu Peru, Taj Mahal India, Patung Kristus Sang Penebus Brasil, dan Chichén Itzá Meksiko. Daftar ini diumumkan melalui deklarasi resmi tentang 7 Keajaiban Dunia di Lisbon pada 7 Juli 2007 lalu.

Kampanye awal soal 7 Keajaiban Dunia sudah mulai pada tahun 2000an. Pada 2004-2005 dilakukan pemungutan suara di antara 176 nominasi di lokasi yang berpartisipasi.

 

Proses pemilihan 7 Keajaiban Dunia

Pada 24 Desember 2005, sebanyak 77 situs lolos masuk ke N7W Panel of Experts bagi mereka untuk memilih finalis. Pada 1 Januari 2006 dirilis 21 finalis resmi yang diikuti oleh Tur Dunia pada 2006-2007.

Sementara itu, Candi Borobudur hanya lolos hingga ke 176 nominasi yang berpartisipasi dalam kampanye 7 Keajaiban Dunia Baru. Terpilihnya 7 Keajaiban Dunia merupakan hasil pemungutan suara lebih dari 100 juta suara di seluruh dunia.

7 Keajaiban Dunia dipilih berdasarkian daftar asli Keajaiban Kuno yang dibuat lebih dari 2000 tahun lalu. Berisikan tujuh situs karena dianggap sebagai jumlah yang mudah diingat oleh kebanyakan orang.

 

Tidak ada peringkat dalam daftar

Piramida Giza juga dihormati oleh proyek New7Wonders sebagai satu-satunya yang tersisa dari 7 Keajaiban Kuno Dunia. Tidak ada peringkat dalam daftar 7 Keajaiban Dunia. Semua situs dijajarkan setara dalam daftar tersebut.

Dihadirkannya Yayasan New7Wonders oleh Bernard Weber bertujuan untuk menyatukan dunia dengan menghormati warisan bersama dan mengumumkan proyek organisasi berikutnya, yakni The New7Wonder of Nature.

 

Tidak mengurangi keindahan

Meski tidak masuk sebagai 7 Keajaiban Dunia, Candi Borobudur memiliki pesona keindahan sebagai candi Buddha terbesar di dunia.

"Apa pun yang disampaikan penulis tidak mengurangi keindahan dan keagungan Candi Borobudur, justru semakin mendapat perhatian orang itu semakin peduli dan mencintai Candi Borobudur," kata Wakil Sementara General Manager Unit Borobudur & Manohara Pujo Suwarno di Magelang, Kamis, 14 Juli 2022.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading