Sukses

Info

Shopee dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dukung Digitalisasi UMKM Tangerang Melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022.

Fimela.com, Jakarta Shopee mendukung Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia dengan berpartisipasi dalam penyelenggaraan rangkaian acara Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2022 di Tangerang. Shopee memberikan mentoring kepada peserta AKI 2022 yang mencakup pelatihan dasar seperti cara membuka toko online, hingga pelatihan lanjutan yang fokus pada pengembangan bisnis online melalui Bimbel Shopee. Peserta AKI 2022 juga menerima pelatihan pembuatan QRIS ShopeePay sebagai salah satu metode pembayaran merchant yang akan digunakan di pameran AKI di berbagai kabupaten dan kota di Indonesia, termasuk Tangerang. Selain itu, Shopee juga memberikan pelatihan dan pendampingan kepada 27 peserta sebelum produk mereka tampil di pameran produk AKI 2022 masing-masing kota. Peserta AKI 2022 dari Tangerang merupakan hasil kurasi dari 6.531 UMKM pendaftar. 

AKI 2022 merupakan salah satu program unggulan Kemenparekraf RI yang menyasar 16 kabupaten dan kota di Indonesia. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dalam sambutannya mengatakan, “Kemenparekraf menargetkan penciptaan 1,1 juta lapangan pekerjaan baru di tahun 2022 dan akan terus mendorong hingga 4,4 juta lapangan pekerjaan di tahun 2024 melalui pemberdayaan UMKM dan 30 juta UMKM pemerintah targetkan sudah memasuki pasar digital atau e-commerce hingga tahun 2023. Kami mengapresiasi dukungan yang diberikan oleh Shopee untuk mencapai peningkatan kapasitas digital di berbagai kota dan kabupaten di Indonesia.”

Selain mengunjungi para peserta AKI di Tangerang, Menparekraf Sandiaga Uno dalam sambutannya juga menyoroti potensi UMKM lokal dari sektor makanan dan minuman untuk naik kelas. Produk makanan dan minuman lokal dinilai memiliki potensi besar untuk dijual ke berbagai wilayah di dalam hingga ke luar negeri.

Shopee dukung digitalisasi UMKM

Pada kesempatan yang sama, Head of Government Affairs Shopee Indonesia, Ade Mulya menjelaskan komitmen Shopee dalam mendukung digitalisasi UMKM. “Shopee ingin terus menjadi kawan dalam setiap perjalanan UMKM Indonesia, termasuk dalam proses digitalisasi dan pengembangan bisnis mereka. Potensi besar dari pegiat UMKM mendorong kami untuk terus memberikan dukungan terhadap akses digitalisasi UMKM, termasuk di Tangerang dan sekitarnya. Kerja sama yang kami sinergikan dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif melalui Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi UMKM lokal agar mereka dapat lebih memahami dan merasakan manfaat dari platform digital untuk mengembangkan bisnis secara optimal yang sejalan dengan komitmen jangka panjang #ShopeeAdaUntukUMKM.”

Kisah Sukses UMKM Lokal Bersama Digitalisasi 

Peserta AKI 2022 mendapat banyak dampak positif dari pelatihan yang diberikan oleh Shopee dan ShopeePay, mulai dari peningkatan literasi platform digital hingga soft dan hard skills yang bermanfaat untuk pengembangan toko online mereka di Shopee. Selain menerima pelatihan, pegiat UMKM pun dapat memanfaatkan program pemasaran online “Shopee Pilih Lokal”, kanal khusus yang Shopee hadirkan untuk menyoroti produk lokal unggulan. Kanal ini dapat mendukung pemasaran produk pegiat UMKM lokal dan menjangkau konsumen yang lebih luas.

 

Kisah sukses Mere et Moi

Salah satu kisah sukses datang dari Cesilia Octaviana (33) pemilik usaha gendongan bayi Mere et Moi, yang telah menjadi seller di Shopee selama lebih dari 5 tahun dan saat ini menjadi salah satu peserta AKI 2022 Tangerang. Ia antusias dengan pelatihan yang diselenggarakan oleh Shopee dan Kemenparekraf karena ilmu-ilmu yang didapatkan dari pelatihan dirasa sangat membantu untuk dapat meningkatkan perkembangan bisnis Mere et Moi khususnya di Shopee.

Mere et Moi telah bergabung di Shopee sejak tahun 2016. Selain memanfaatkan kemudahan transaksi dengan fitur-fitur yang ada di Shopee, mereka pun giat dalam memanfaatkan program kampanye yang tersedia di Shopee seperti Flash Sale Mall, Gratis Ongkir Xtra, dan juga Promo Rutin Tanggal Cantik untuk mendukung pemasaran dan menjangkau konsumen dari berbagai daerah di Indonesia.

“Kita suka dengan Shopee yang user-friendly, tidak ribet, dan gampang. Dulu sebelum ada Shopee, dari sisi buyer mau melakukan pembayaran lebih susah. Sekarang pembeli bisa membeli produk secara gampang dan bisa dapat garansi. Kalau dari sisi kita sebagai seller kita merasa terbantu banget karena tidak perlu takut lagi dengan pembayaran yang bodong. Ditambah lagi, exposure dan brand awareness-nya kita pun bisa naik bersama dengan Shopee,” ungkap Cesilia.

Mengikuti pelatihan dari Shopee dan AKI 2022 di Tangerang Selatan kemarin, Cesilia berharap kegiatan ini dapat terus membantu UMKM lokal. Dia berharap kegiatan ini dapat mendukung digitalisasi bagi teman-teman UMKM untuk dapat mengembangkan usahanya.

 

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading