Sukses

Info

3 Manfaat dari Fitur Peta di Instagram bagi UMKM Indonesia

Fimela.com, Jakarta Sebagai kelanjutan dari komitmen Instagram untuk membantu pengusaha UMKM di Indonesia, hari ini Instagram meluncurkan pembaruan dalam fitur Map atau Peta di Indonesia. Lewat pembaruan ini, pelaku UMKM dapat menandai lokasi bisnis mereka di Peta untuk semakin memudahkan konsumen menemukan bisnis mereka di Instagram.

Putri Silalahi, Kepala Komunikasi Instagram Asia Pasifik, mengatakan, “Instagram kerap digunakan untuk mencari inspirasi belanja dan mengeksplorasi kuliner seru untuk dicoba. Dengan memanfaatkan fitur Peta, para pebisnis memiliki peluang lebih besar untuk ditemukan orang di Instagram.”

Berikut adalah keuntungan yang dapat pelaku UMKM dapatkan dengan menggunakan pembaruan fitur Peta ini:

 

1. Buat lokasi bisnis Anda sendiri.

Bagi seorang pebisnis atau pelaku UMKM, lokasi bisnis yang jelas dan informatif tentunya akan menarik pelanggan dan mendatangkan keuntungan. Dengan fitur Peta, Anda dapat membuat lokasi bisnis Anda sendiri dan membagikannya ke pengguna Instagram lainnya. Lokasi bisnis Anda pun akan muncul di peta dan bersifat publik apabila akun Anda tidak di-private.

2. Ditemukan oleh pasar yang lebih luas

Jangkauan pasar yang lebih luas adalah impian setiap pebisnis. Dengan fitur Peta, Anda dapat menjangkau audiens baru dan lebih luas, karena jutaan pengguna dapat melihat lokasi yang Anda bagikan di Peta. Untuk itu, pastikan Anda menambahkan lokasi bisnis di setiap konten Feed maupun Stories, serta menggunakan tagar. Pengguna akan lebih mudah menemukan lokasi bisnis Anda dengan menekan Tagged Locations atau mencari tagar yang berhubungan dengan bisnis Anda.

 

3. Dorong pelanggan untuk berkunjung kembali dengan menyimpan lokasi Anda.

Anda tentunya ingin pelanggan terus menerus kembali untuk membeli produk atau jasa dari bisnis Anda. Sekarang, Anda bisa menginformasikan ke pelanggan bahwa mereka bisa menyimpan lokasi bisnis Anda di Peta, dan kembali berkunjung saat mereka memiliki waktu luang. Anda juga dapat membagikan lokasi bisnis ke audiens melalui fitur DM. Hal ini tentunya menjadi kesempatan yang baik bagi Anda sebagai pelaku UMKM untuk meningkatkan kunjungan pelanggan.

Selain bermanfaat bagi pebisnis dan pelaku UMKM, pembaruan pada fitur Map juga berguna bagi pengguna Instagram secara umum. Pengguna dapat menjelajahi dan menemukan lokasi populer di sekitarnya, menentukan lokasi berdasarkan kategori spesifik seperti restoran, kafe dan salon kecantikan, serta menemukan lokasi yang relevan di Peta saat mencari tagar tertentu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading