Sukses

Info

Bantu Kreator dan Kolektor , Instagram Resmi Luncurkan Fitur NFT di Indonesia

Fimela.com, Jakarta Instagram resmi luncurkan fitur NFT di Indonesia pada 5 Agustus lalu. Dengan diluncurkannya fitur ini kreator dapat mengunggah karya Non-Fungible Token (NFT) secara langsung melalui blockchain ke Instagram. 

Country Director untuk Meta di Indonesia, Pieter Lydian mengatakan bahwa Instagram akan terus mengeksplor teknologi Web3. Ia meyakini bahwa teknologi ini memiliki potensi yang besar untuk memperluas akses, mengurangi biaya, memberdayakan, dan mengakselerasi inovasi bagi masyarakat dan kreator di seluruh dunia. 

“Dengan fitur NFT di Instagram, kami ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka. Kedepannya, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories,” jelas Pieter. 

Semakin Dikenal karena Ghozali Everyday

Popularitas NFT di Indonesia semakin dikenal masyarakat karena Sultan Gustaf Al Ghozali atau biasa dikenal Ghozali Everyday. Ia sukses menjual foto selfie-nya di marketplace NFT Open Sea. 

Menurut Ghozali tren NFT ramai di Indonesia sejak awal pandemi Covid-19, namun masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan aset digital. Sehingga, adopsi NFT di Indonesia masih cenderung kurang masif jika dibandingkan dengan negara-negara lain. 

“Banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan platform Instagram setiap hari, dan saya berharap fitur ini bisa membantu masyarakat untuk lebih memahami dan akrab dengan NFT. Semoga fitur ini bisa mengakselerasi penggunaan NFT di Indonesia, terutama dengan maraknya kehadiran Metaverse.” kata Gholazi dalam keterangan resmi yang diterima Fimela.com.

Hadirnya fitur NFT di Instagram memberi kemudahan bagi para kreator, melalui fitur ini para kreator dapat memiliki akses yang lebih besar untuk memperkenalkan dan mempromosikan karya digital yang dibuat kepada para kolektor. Selain itu, fitur ini juga memberikan inovasi bagi perkembangan teknologi di Indonesia.

Fitur NFT di Instagram

Dalam peluncuran NFT di platformnya, Instagram merilis fitur NFT yang memungkinkan kreator untuk melakukan tiga hal, yaitu:

  1. Menghubungkan dompet digital. Setelah terhubung, kreator dan kolektor bisa memilih NFT dari dompet digital dan membagikannya di Instagram. Dompet digital yang kompatibel untuk digunakan pengguna Instagram saat ini adalah Coinbase, Dapper, Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet, dengan Phantom akan segera hadir.
  2. Berbagi koleksi digital. Setelah kreator atau kolektor memposting koleksi digitalnya, koleksi itu akan menampilkan efek berkilau dan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Postingan juga akan terlihat di profil mereka.
  3. Penandaan otomatis dari kreator dan kolektor. Kreator dan kolektor dapat secara otomatis dikaitkan di postingan koleksi digital (tergantung pada pengaturan privasi mereka). Saat ini, beberapa blockchain yang didukung oleh Instagram adalah Ethereum, Polygon, dan Flow, serta Solana menyusul hadir.

 

Penulis: Angela Marici

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading