Sukses

Info

Gempa Bali M 5,8 Tidak Berpotensi Tsunami, Terasa Sampai Lombok-Sumbawa

Fimela.com, Jakarta Gempa Bali berkekuatan magnitudo 5,8 yang terjadi hari Senin, 22 Agustus 2022 pukul 15.36 WIB disebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) tidak berpotensi tsunami. BMKG memberikan keterangan jika pusat gempa Bali berada di kedalaman 124 kilometer.

"74 km Tenggara KUTA SELATAN-BALI 87 km Tenggara DENPASAR-BALI 93 km Tenggara KLUNGKUNG-BALI 95 km Tenggara GIANYAR-BALI 1036 km Tenggara JAKARTA-INDONESIA," tulis BMKG.

BMKG juga menambahkan jika gempa dirasakan di Kota Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah IV MMI, Lombok Utara, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, dan Bima. 

 

Panduan Saat Terjadi Gempa

Saat terjadi gempa, BMKG memberi beberapa panduan yang bisa kita lakukan;

- Jika berada dalam bangunan: lindungi badan dan kepala dari reruntuhan bangunan dengan bersembunyi di bawah meja, cari tempat yang paling aman dari reruntuhan dan guncangan, lari ke luar apabila masih dapat dilakukan.

- Jika berada di luar bangunan atau area terbuka: Menghindar dari bangunan yang ada di sekitar seperti gedung, tiang listrik, pohon. Perhatikan tempat berpijak, hindari apabila terjadi rekahan tanah.

- Jika sedang mengendarai mobil: keluar, turun dan menjauh dari mobil hindari jika terjadi pergeseran atau kebakaran.

- Jika tinggal atau berada di pantai: jauhi pantai untuk menghindari bahaya tsunami.

- Jika tinggal di daerah pegunungan: apabila terjadi gempabumi hindari daerah yang mungkin terjadi longsoran.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading