Sukses

Info

Waspada Varian Baru Covid-19 Muncul Akibat Lonjakan Kasus di Luar Negeri

Fimela.com, Jakarta Kasus harian COVID-19 di Indonesia terkendali dengan baik. Kenaikan yang terjadi juga terbilang normal namun di sejumlah negara, terjadi lonjakan kasus COVID-19 yang harus diwaspadai. Dikutip dari Liputan6.com, Amerika, Jepang, dan Eropa menjadi negara yang kini tengah mengalami lonjakan kasus Covid-19. 

Diungkapkan oleh Menteri Kesehatan RI, Budi Guna Sadikin, berkaitan dengan naiknya kasus di Jepang, Amerika Serikat, dan negara Eropa, jika ada kemungkinan mutasi dari virus Corona akan muncul dan patut diwaspadai. Kasus harian yang tinggi akan mengakibatkan mutasi dan timbulnya varian baru. 

"Kedua fakta yang kita lihat adalah Indonesia itu rendah sekali. Jawabannya juga sudah kita temui dari sero-survey kemarin. Kita sudah melihat dibandingkan Desember, hanya 88 persen yang memiliki antibodi, sekarang naik ke 98,5 persen," kata Budi. 

Antibodi masyarakat Indonesia sudah

Budi mengungkapkan bahwa dari hasil sero-survey tersebut, masyarakat Indonesia dinilai sudah sangat terlindungi jika dilihat dari level antibodi. 

Jikalau Indonesia mampu melewati kembali gelombang baru nantinya dengan baik, maka menurut Budi, Indonesia dapat menjadi salah satu negara yang bisa menangani pandemi COVID-19 dengan baik selama 12 bulan.

Gencarkan vaksinasi untuk proteksi diri

"Caranya gimana? Kita harus menjaga level imunitas masyarakat setinggi sekarang. Tantangannya kita vaksinasinya sudah turun dan tidak ada infeksi sekarang. Beda dengan kemarin Februari kita ada infeksi tinggi, itu kan memberikan perlindungan imunitas juga," kata Budi.

Nantinya, diharapkan pada akhir tahun akan ada vaksinasi yang digencarkan kembali sehingga mampu meminimalisir angka positif sehingga nantinya Covid-19 akan lebih terkendali.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading