Sukses

Info

Sempat Bermasalah, Masyarakat Diminta Update Versi Terbaru Aplikasi PeduliLindungi

Fimela.com, Jakarta Aplikasi PeduliLindungi sempat bermasalah, hal ini dikeluhkan oleh beberapa orang di platform sosial medianya seperti Twitter. Kebanyakan orang mengatakan mereka tidak bisa membuka aplikasi PeduliLindungi, terjebak di halaman utama, tidak bisa login, tidak bisa mengakses kartu vaksinasi mereka, sampai mereka tiba-tiba logout dari aplikasi.

Dilansir dari liputan6.com, Rabu (14/9/2022), Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes memberikan penjelasan bahwa Saat ini laman web dan aplikasi PeduliLindungi tidak dapat diakses karena sedang dalam proses pemeliharaan rutin dan dapat segera digunakan kembali dalam beberapa jam.

Kementerian Kesehatan mengatakan telah memberi tahu Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), manajemen bandara, dan transportasi umum tentang gangguan tersebut. Memastikan bahwa tiap pengelola jasa dapat terus memberikan pelayanan. Masyarakat diharapkan dapat menunjukkan sertifikat vaksinasi yang sudah diunduh atau disimpan pada ponsel saat bepergian dengan transportasi publik.

Kementerian Kesehatan juga meminta maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh erornya PeduliLindungi dan menghimbau kepada masyarakat untuk mengupdate versi terbaru dari aplikasi PeduliLindungi.

Banyak Dikeluhkan Oleh Pengguna Internet

Mengalami eror dan tidak dapat dibuka hingga pagi ini, Rabu (14 September 2022). Banyak pengguna internet yang dengan cepat menggunakan Twitter dan platform media sosial lainnya untuk mengeluh terkait aplikasi tracing dan tracking Covid-19 PeduliLindungi.

Kebanyakan orang mengatakan mereka tidak bisa membuka PeduliLindungi, terjebak di halaman utama, tidak bisa login, dan tidak bisa mengakses kartu vaksinasi mereka, sampai mereka tiba-tiba logout dari aplikasi. Ketika mencoba masuk lagi atau mencoba masuk dengan alamat email dan nomor ponsel, akan mendapatkan pesan 'Terjadi kesalahan. mohon coba lagi’.

Erornya aplikasi PeduliLindungi berdampak pada para pengguna kendaraan umum atau orang-orang yang ingin memasuki fasilitas umum. Beberapa orang merasa sulit untuk check-in di stasiun sampai ketinggalan kereta. Pengguna lain mengeluh aplikasi PeduliLindungi memiliki eror pada jam kerja, sehingga sulit untuk masuk ke fasilitas umum.

Banyak pengguna yang mengeluhkan adanya eror pada PeduliLindungi menyulitkan untuk check-in di beberapa fasilitas umum. Pasalnya, saat ini banyak lokasi yang harus dimasuki dengan memindai kode QR dan check in melalui aplikasi PeduliLindungi.

Permohonan Maaf Dari PeduliLindungi

Melalui akun twitter PeduliLindungi di @PLindungi, memberikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan oleh erornya aplikasi PeduliLindungi. Gangguan ini terjadi pada aplikasi mobile dan web dan tim teknis PeduliLindungi sedang melakukan perbaikan. Masyarakat juga disarankan untuk mengupdate aplikasi PeduliLindungi ke versi terbaru.

Banyak netizen juga yang mengklaim bahwa erornya aplikasi PeduliLindungi adalah hasil dari ulah hacker Bjorka. Namun, Juru Bicara Kemenkes RI, Mohammad Syahril menepis dugaan tersebut dan menjelaskan erornya aplikasi PeduliLindungi bukan karena ulah Bjorka, melainkan hanya maintance. Setelah dua jam aplikasi PeduliLindungi sudah dapat digunakan kembali.

Mohammad Syahril juga menambahkan untuk di mal, bandara, terminal, atau pelabuhan sudah ada mekanismenya seandainya PeduliLindungi mengalami kemacetan atau gangguan dan untuk perkantoran, tergantung bagaimana masing-masing kantor. Mekanismenya berupa pengecekan KTP.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#Women For Women

What's On Fimela
Loading