Sukses

Info

BPJS Kesehatan Rilis PCare, Berikut Penjelasan Manfaat dan Cara Daftarnya

Fimela.com, Jakarta BPJS Kesehatan baru saja meluncurkan sebuah program baru dalam bentuk aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone ataupun laman web. Aplikasi tersebut diberi nama PCare atau Primary Care. Melansir dari Liputan6.com, Pcare adalah sebuah program layanan kesehatan baru yang dihadirkan oleh BPJS Kesehatan agar mempermudah masyarakat mengakses informasi terkait fasilitas kesehatan.

Peluncuran aplikasi atau program baru ini merupakan bentuk inovasi layanan kesehatan dari BPJS Kesehatan yang terus berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi para pengguna BPJS Kesehatan. Dibuatnya program PCare ini diharapkan dapat menjadi suatu hal yang bermanfaat bagi masyarakat terkait layanan kesehatan yang dibutuhkan.

PCare atau Primary Care sendiri merupakan nama dai sebuah aplikasi yang dibuat oleh BPJS Kesehatan untuk memudahkan masyarakat. Fasilitas yang diberikan oleh aplikasi Pcare adalah penawaran fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama. Fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama tersebut yakni berupa kunjungan ke puskesmas, klinik, hingga laboratorium rujukan bagi para pengguna BPJS Kesehatan.

Manfaat PCare

Melansir dari corona.jakarta.go.id, aplikasi website PCare milik BPJS Kesehatan memiliki beragam manfaat terkait informasi dan kegiatan mengenai vaksinasi COVID-19 bagi para penggunanya. Manfaat PCare antara lain adalah dapat digunakan untuk pendataan, registrasi, skrining, verifikasi sasaran, dan juga pencatatan vaksinasi COVID-19.

Selain membantu dalam pelayanan faskes, aplikasi website PCare juga dapat digunakan untuk menentukan lokasi vaksinasi yang tersedia, jadwal pelayanan vakasin, alokasi, serta monitoring logistik vaksin. Dengan diluncurkannya aplikasi website PCare oleh BPJS Kesehatan, masyarakat tentunya menjadi dimudahkan untuk mengakses informasi terkait vaksinasi di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Masyarakat seluruh Indonesia kini telah bisa mengakses aplikasi website PCare milik BPJS Kesehatan melalui https://pcarejkn.bpjs- kesehatan.go.id/eclaim yang merupakan link situs baru untuk aplikasi website PCare atau Primary Care.

Cara mendaftar dan menggunakan PCare

Tak hanya bermanfaat untuk mengurus pelayanan faskes, PCare juga dapat membantu masyarakat dalam penyediaan informasi terkait vaksinasi COVID-19. Berikut cara mendaftar dan menggunakan PCare BPJS Kesehatan agar dapat merasakan beberapa fasilitas yang tersedia di dalamnya:

1. Kunjungi situs website PCare Eclaim BPJS Kesehatan melalui link https://pcarejkn.bpjs- kesehatan.go.id/eclaim atau dapat melalui aplikasi resmi PCare dari BPJS Kesehatan yang dapat diunduh pada smartphone masing-masing.

2. Setelah mengunjungi atau mengunduh aplikasi website PCare, lakukan registrasi dengan memasukkan username dan password yang bisa didapatkan dengan mendaftar ke kantor BPJS terdekat. Jika sudah mendapatkan username dan password dari hasil registrasi ke kantor BPJS terdekat, masukkan username dan password tersebut ke dalam kolom yang telah disediakan di aplikasi website PCare.

3. Setelah proses registrasi selesai, maka menu utama PCare akan muncul. Klik menu 'Pendaftaran' ataupun 'Pelayanan'. Kedua menu tersebut dapat digunakan untuk mendapatkan beberapa fasilitas dari BPJS Kesehatan.

4. Menu 'Pendaftaran' dapat digunakan bagi pengguna yang merupakan pasien berobat. Caranya sangat mudah, hanya dengan mengisi nomor BPJS peserta lalu klik bagian 'cari'. Jika nomor BPJS tersebut terdaftar sebagai pasien faskes dari tempat bekerja, maka identitas pasien akan muncul secara otomatis.

5. Setelah itu, lengkapi data yang kosong seperti data jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah, dan lainnya. Setelah selesai mengisi semua data yang kosong, lalu klik 'simpan'.

6. Selanjutnya, untuk menu 'Pelayanan' dapat digunakan dengan mengklik 'entri data' lalu klik menu 'Pelayanan'. Setelah itu akan muncul kolom kosong seperti terapi hingga diagnosis yang harus diisi. Jika sudah, klik 'simpan'.

7. Setelah selelai melakukan langkah-langkah pendaftaran di atas. Maka proses pendaftaran PCare BPJS pun telah berhasil dan PCare BPJS sudah dapat dirasakan manfaatnya.

 

*Penulis: Frida Anggi Pratasya.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading