Sukses

Info

Ilmuwan AS Beri Peringatan pada Ancaman Virus Khosta-2 dari Rusia

Fimela.com, Jakarta Para ilmuwan dari AS baru saja memperingatkan virus baru yang ditemukan dari kelelawar tapal kuda Rusia, virus ini dapat menyebar ke manusia dan menghindari antibodi dan vaksin COVID-19. Virus yang berasal dari kelelawar ini, dinamakan sebagai Khosta-2.

Selain itu, virus ini lebih dikenal dengan sarbecovirus yang merupakan sub kategori Virus Corona yang sama dengan SARS CoV 2. Menurut studi baru yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Pathogens, virus ini menampilkan "sifat-sifat yang meresahkan”.

Dilansir dari liputan6.com, para peneliti dari Paul G. Allen School for Global Health di Washington State University (WSU) telah menemukan bahwa Khosta-2 dapat menggunakan protein lonjakannya untuk menginfeksi sel manusia, mirip dengan SARS-CoV-2.

"Penelitian kami lebih lanjut menunjukkan bahwa sarbecovirus yang beredar di satwa liar di luar Asia, bahkan di tempat-tempat seperti Rusia barat di mana virus Khosta-2 ditemukan, juga menimbulkan ancaman bagi kesehatan global dan kampanye vaksin yang sedang berlangsung melawan SARS-CoV-2," ungkap Michael Letko, seorang ahli virologi di WSU. dikutip dari liputan6.com

Temuan tersebut menggarisbawahi pentingnya mengembangkan vaksin baru yang tidak hanya menargetkan varian SARS-CoV-2 yang diketahui seperti Omicron, tetapi juga melindungi dari semua sarvecovirus. Sebagian besar kelelawar yang ditemukan di daerah Asia, tidak dapat menginfeksi sel manusia. Hal ini berdasarkan dari ratusan sarbecovirus yang ditemukan dalam beberapa tahun terakhir.

Sempat Dianggap Bukan Ancaman

Virus yang ditemukan tahun 2020 pada kelelawar di dekat Taman Nasional Sochi Rusia. Virus Khosta-1 dan Khosta-2 awalnya dianggap bukan ancaman bagi manusia, karena secara genetik, virus ini tidak terlihat seperti SARS CoV 2. Namun setelah diteliti lebih lanjut, ditemukan bahwa virus ini dapat menginfeksi sel manusia. Hal ini mengubah pemahaman para peneliti mengenai virus Khosta-1 dan Khosta-2 mengenai dari mana mereka berasal dan daerah mana yang mengkhawatirkan.

Meskipun demikian, peneliti percaya virus baru ini tidak memiliki beberapa fitur genetik yang dianggap "melawan" sistem kekebalan tubuh dan berkontribusi terhadap pada penyakit manusia. Namun, ada risiko Khosta-2 akan mendatangkan malapetaka dengan rekombinasi dengan virus kedua seperti SARS-CoV-2.

Letko menjelaskan, ketika kamu melihat SARS-2 memiliki kemampuan ini untuk kembali dari manusia dan ke satwa liar, dan kemudian ada virus lain yang menunggu di sana. Seperti Khosta-2 menunggu di hewan-hewan itu dengan sifat-sifat yang kita benar-benar tidak ingin mereka miliki, itu membuat skenario ini, di mana kamu terus menggulirkan dadu sampai mereka bergabung untuk membuat virus yang berpotensi lebih berisiko.

Vaksin COVID-19 Tidak Efektif Mencegah Khosta-2?

Dijelaskan lebih lanjut oleh Letko dan rekan-rekannya, mereka menemukan bahwa Khosta-1 menimbulkan risiko rendah bagi manusia, tetapi Khosta-2 lebih mengkhawatirkan. Secara khusus, seperti SARS-CoV-2, Khosta-2 menggunakan protein lonjakannya untuk menginfeksi sel dengan menempel pada protein reseptor, yang disebut sebagai angiotensin-converting enzyme 2 (ACE2). Ditemukan di seluruh sel manusia.

Selanjutnya, para ilmuwan ingin mengetahui apakah virus ini dapat menghindari kekebalan yang ditawarkan baik oleh infeksi virus Corona sebelumnya atau vaksin COVID-19. Dengan menggunakan serum dari orang yang terinfeksi varian Omicron, tim menemukan bahwa antibodi mereka terhadap virus tidak efektif. Mereka juga menguji serum dari orang yang divaksinasi COVID-19 dan menemukan bahwa Khosta-2, tidak dinetralkan oleh vaksin saat ini.

Letko mengatakan bahwa dalam percobaan ini, mereka menggabungkan virus atau partikel mirip virus dengan serum dari orang-orang yang telah menerima vaksin Moderna atau Pfizer, dan kemudian menambahkannya ke sel dalam tabung reaksi. Jika antibodi dalam serum dari orang yang divaksinasi dapat mengikat virus, maka virus tidak dapat menginfeksi sel.

Dia juga menambahkan, tidak terlalu mengejutkan bahwa vaksin COVID-19 tidak dapat secara efektif mencegah Khosta-2 menginfeksi sel, karena kedua virus tersebut sangat berbeda. Hasil ini berasal dari percobaan kultur sel dan ditemukan bahwa mereka tidak dapat memastikan 100 persen virus ini dapat menginfeksi manusia. Bisa saja, respons kekebalan pada orang sungguhan akan lebih beragam dan efektif daripada sistem eksperimental sederhana yang mereka gunakan ini.

Dia menambahkan bahwa ketidakpastian seputar respons kekebalan ini membuat sulit untuk menentukan apakah dan seberapa cepat vaksin COVID saat ini dapat dimodifikasi untuk memerangi virus baru ini.

Saat ditanya mengenai teori konspirasi yang muncul disekitar temuannya. Letko mengatakan siapapun yang meneliti virus kelelawar akhir-akhir ini tunduk pada teori konspirasi. Ia menambahkan bahwa tujuan dari pekerjaannya ini untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang seberapa luas penyebaran jenis ancaman virus ini, menggarisbawahi gagasan bahwa mereka tidak hanya di China atau bahkan hanya di Asia.

 

*Penulis: Sri Widyastuti

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading