Sukses

Info

Pihak Indosiar Menjelaskan jika Tidak Ada Perbedaan Tentang Keterangan dan Dokomen Digital pada Tragedi Kanjuruhan

Fimela.com, Jakarta Tragedi Kanjuruhan masih terus diperiksa. Pihak-pihak terkait pun masih menjalani panggilan dan pemeriksaan. Seperti halnya Indosiar sebagai pihak broadcaster dari Liga 1. Hal inilah yang mendasari Direktur Program Indosiar Harsiwi Achmad mendatangi Komnas HAM di Jalan Latuhari, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (21/10/2022). Kedatangannya  untuk mengklarifikasi soal beda keterangan dan dokumen digital tragedi Kanjuruhan yang sebelumnya ditemukan Komnas HAM.

Seperti yang dikutip dari liputan6.com (22/10), Harsiwi menegaskan dan mengklarifikasi apa yang sebelumnya dianggap berbeda dengan keterangan dengan dokumen yang disampaikan oleh pihak Komnas HAM. Harsiwi memastikan tidak ada perbedaan antara keterangan dan dokumen digital yang diberikan Indosiar ke Komnas HAM. 

Menurutnya, dokumen yang diberikan itu merupakan bukti komunikasi Indosiar dengan PT Liga Indonesia Baru (LIB), dan sudah memuat jadwal pertandingan yang telah ditentukan oleh PT LIB kepada seluruh stakeholder.

Lebih lanjut, dia menyampaikan, Indosiar hanya mengomusikasikan mengenai jadwal pertandingan agar sesuai dengan jadwal awal yang ditentukan PT LIB. 

"Dalam konteks ini wajar jika ada komunikasi dari pihak Indosiar supaya jadwal pertandingan bisa sesuai dengan jadwal awal, yang sudah ditentukan sebelumnya," ucap Harsiwi, dalam keterangan pers.

Namun, kata dia terkait izin dari pihak kepolisian hingga keputusan akhir jadwal pertandingan tetap menjadi kewenangan PT LIB. Harsiwi menyebut Indosiar hanya menunggu keputusan tersebut.

Dalam Liga 1 Sering Terjadi Perubahan Jadwal

Tak hanya itu, dalam keterangannya Harsiwi menambahkan bahwa perubahan jadwal sebenarnya sudah sering terjadi, bahkan di laga-laga lain sebelum itu. Mengingat Indosiar dan PT LIB sudah bekerja sama sejak lama. 

"Perubahan jadwal seperti itu memang sudah banyak terjadi di beberapa pertandingan liga satu di musim 2022 maupun 2023. Dan juga di musim-musim sebelumnya karena kita kerja sama sudah sejak 2018. Di musim ini mungkin sekitar 20 pertandingan yang berubah jadwalnya," terangnya.

Termasuk, pertandingan yang rencananya akan berjalan pada 2 Oktober 2022 antara Persib dan Persija. Semula jadwal pertandingannya malam hari. Namun tak mendapatkan izin kepolisian setempat, sehingga diubah ke sore hari. 

"Dan LIB memberikan keputusannya atau menginformasikan kepada kami tentang final jadwal tersebut dan akhirnya kami juga mengikuti jadwal tersebut. Jadi Kira-kira itu tadi yang kami jelaskan ke Komnas HAM sebagai klarifikasi yang kedua," tutupnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading