Sukses

Info

Gerhana Matahari Terjadi Hari Ini, Bisakah Dilihat dari Indonesia?

Fimela.com, Jakarta Hari ini, Selasa (25/10), telah terjadi fenomena astronomi gerhana matahari sebagian. Meski demikian, fenomena ini tidak dapat dilihat dari Indonesia secara langsung.

Dilansir Liputan6.com, gerhana matahari sebagian ini hanya bisa dilihat sebagian besar di Eropa, kecuali di Portugal dan Spanyol bagian barat, Aljazair bagian barat laut, Tunisia dan Libya kecuali bagian barat daya.

Fenomena ini juga akan melewati beberapa daerah lain seperti Timur Tengah, mesir, Asia Selatan, Asia Tengah hingga Rusia bagian barat.

Puncak dari gerhana matahari sebagian ini bisa disaksikan pada waktu 11.UT atau jam 18.00 WIB, dan berakhir 20.00. Meskipun Indonesia tidak bisa menyaksikan gerhana matahari sebagian secara langsung, Sahabat Fimela bisa menontonnya di beberapa live streaming YouTube, salah satunya di timeanddate.

Fenomena Gerhana yang Bisa Disaksikan Indonesia

Selain gerhana matahari sebagian, akan ada lagi gerhana bulan total pada 8 November 2022. Fenomena gerhana ini bisa diamati di wilayah Indonesia.

Menurut LAPAN, puncak gerhana bulan total 8 November akan terjadi pada pukul 18:59:12 WIB. Tidak ada alat khusus yang digunakan untuk mengamati fenomena ini. Namun, untuk hasil yang maksimal bisa dilakukan melalui teleskop bintang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading