Sukses

Info

Indonesia Resmi Punya 3 Provinsi Baru

Fimela.com, Jakarta Indonesia terdiri dari puluhan provinsi yang terbentang dari ujung Sabang sampai Merauke. Tiga Rancangan Undang-Undang Daerah Otonomi Baru atau RUU DOB Papua telah disahkan menjadi undang-undang pada akhir Juni 2022 lalu, sehingga sekarang Indonesia memiliki 3 provinsi baru.

Menurut Ketua DPR RI Puan Maharani, undang-undang ini menjamin hak sosial dan ekonomi masyarakat Papua terkait pemekaran wilayah yang tujuannya pemerataan dan keadilan pembangunan di Indonesia. Jadi sekarang, Indonesia memiliki 37 provinsi dengan tambahan 3 Provinsi Papua.

1. Provinsi Papua Selatan dengan Ibu Kota Merauke

2. Provinsi Papua Tengah dengan Ibu Kota Timika

3. Provinsi Papua Pegunungan dengan Ibu Kota Wamena

Ada juga penambahan 305 desa, 11 kecamatan, dan 8 kelurahan. Peresmian ketiga provinsi baru ini diadakan di Iaza Gedung A, hari ini Jumat (11/11/2022), pukul 9 pagi tadi, sekaligus meresmikan pejabat gubernur yang memimpin.

 

 

 

Papua Selatan

Dikenal dengan sebutan Bumi Anim Ha atau manusia sejati. Provinsi Papua Selatan berbatasan dengan daerah sebagai berikut.

- Sebelah utara: Kabupaten Nduga, Kabupaten Yahukimo, Kabupaten Pegunungan Bintang.

- Sebelah timur: Negara Papua Nugini.

- Sebelah selatan: Laut Arafura.

- Sebelah barat: Kabupaten Mimika dan Laut Aru.

Papua Selatan telah diperjuangkan menjadi provinsi tersendiri sejak tahun 2002 dan kembali diajukan pada tahun 2020. Namun, baru terwujud dalam UU Nomor 14 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Selatan yang ditetapkan pada tanggal 25 Juli 2022 kemarin.

Papua Selatan berada di dataran rendah yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini dengan banyak rawa dan sungai besar, seperti Digul dan Maro. Wilayahnya memiliki hasil bumi, seperti sagu dan ikan. Saat ini, Provinsi Papua Selatan dipimpin oleh Apolo Safanpo.

Papua Tengah

Provinsi Papua Tengah berbatasan dengan daerah sebagai berikut.

- Sebelah Utara: Kabupaten Waropen, Kabupaten Mamberamo Raya, dan Teluk Cendrawasih.

- Sebelah timur: Kabupaten Lanny Jaya, Kabupaten Nduga, Kabupaten Tolikara, dan Kabupaten Asmat.

- Sebelah selatan: Laut Aru.

- Sebelah barat: Kabupaten Kaimana dan Kabupaten Teluk Wondama Provinsi Papua Barat.

Provinsi Papua Tengah memiliki gunung tertinggi di Indonesia, yaitu Puncak Jaya. Dengan ketinggian 4.884m, Puncak Jaya merupakan puncak tertinggi di Indonesia, sekaligus di Oseania.

Ada juga tambang emas Grasberg yang dioperasikan oleh Freeport Indonesia. Pembentukan Provinsi Papua Tengah terdapat dalam UU Nomor 15 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Tengah yang ditetapkan pada tanggal 25 Juli 2022 kemarin. Saat ini, Provinsi Papua Tengah dipimpin oleh Ribka Haluk.

Papua Pegunungan

Provinsi Papua Pegunungan berbatasan dengan daerah sebagai berikut.

- Sebelah utara: Kabupaten Mamberamo Raya, Kabupaten Sarmi, Kabupaten Jayapura, dan Kabupaten Keerom.

- Sebelah timur: Negara Papua Nugini.

- Sebelah selatan: Kabupaten Boven Digoel dan Kabupaten Asmat.

- Sebelah barat: Kabupaten Puncak Jaya, Kabupaten Puncak, dan Kabupaten Mimika.

Provinsi Papua Pegunungan berlokasi di Pegunungan Jayawijaya bagian timur dan merupakan provinsi pertama, serta satu-satunya di Indonesia yang tidak berbatasan dengan perairan laut. Sebelumnya, Provinsi Papua Pegunungan ingin diusulkan bernama Provinsi Papua Pegunungan Tengah.

Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan terdapat dalam UU Nomor 16 Tahun 2022 tentang Pembentukan Provinsi Papua Pegunungan yang ditetapkan pada tanggal 25 Juli 2022 kemarin. Saat ini, Provinsi Papua Pegunungan dipimpin oleh Nikolaus Kondomo.

Baca :

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading