Sukses

Info

10 Fakta Menarik Stadion Al Bayt Venue Pembukaan Piala Dunia 2022

Fimela.com, Jakarta Pembukaan Piala Dunia 2022 baru saja digelar dengan sangat meriah di Stadion Al Bayt yang berada di kota Al Khor, Qatar. Stadion ini terletak sekitar 35 kilometer di utara Doha yag dirancang oleh perusahaan yang berbasis di Lebanon, Dar Al-Handasah. 

Dilansir dari liputan6.com selain memiliki desain yang unik karena dapat dibedakan melalui eksterior yang berbentuk seperti tenda, stadion ini juga dibuat untuk menjadi warisan pasca Piala Dunia. Berikut 10 fakta yang perlu diketahui tentang Stadion Al Bayt, antara lain:

1. Stadion ini mengambil namanya dari 'Bayt Al Sha'ar' yang berarti tenda yang secara historis digunakan oleh orang-orang nomaden di Qatar dan wilayah Teluk.

2. Penggunaan warna hitam dan merah pada sorotan fasad menambah kedalaman dan tingkat detail yang memberi penghormatan kepada tenda Badui, yang menampilkan nada dan pola serupa.

3. Tingkat atas modular akan dihapus setelah turnamen, dengan kursi yang digunakan kembali untuk membuat fasilitas olahraga di Qatar dan luar negeri.

4. Tingkat skybox akan diubah menjadi hotel bintang lima, sementara pusat perbelanjaan, food court, gym, dan aula serbaguna akan dimasukkan ke dalam gedung stadion. Rumah sakit kedokteran olahraga terkemuka juga akan dibuka.

Fakta Stadion Al Bayt

5. Desain stadion bertengger di atas podium melingkar dengan concourse terbuka lebar yang mengakomodasi fitur desain lansekap, tempat parkir, dan fasilitas pendukung lainnya.

6. Penilaian dampak lalu lintas dan studi permintaan dan manajemen parkir dilakukan sebelum pembangunan tempat parkir.

7. Podium dikelilingi oleh jalan lingkar yang memisahkannya dari area terbuka hijau, termasuk ruang publik dan fitur air. Dalam hal ini, penempatan stadion dalam konteksnya menyerupai 'oasis di padang pasir'.

8. Proporsi tenda dimungkinkan oleh perakitan kabel baja dan rangka yang didukung oleh dermaga beton.

9. Atap yang dapat ditarik memungkinkan penyaringan yang lebih besar terhadap sinar matahari yang keras selama musim panas Qatar yang panas.

10. Dar Al-Handasah melibatkan desain pabrik pendingin distrik hemat energi dengan pendingin berpendingin air sentrifugal, pendingin glikol, tangki penyimpanan es, dan fasilitas penyimpanan energi panas.

 

Harga Tiket Piala Dunia

Harga tiket Piala Dunia 2022 di Qatar terbagi atas tiket satu pertandingan, tiket untuk tim tertentu, dan tiket bundling atau terusan untuk empat laga. Bagi sahabat Fimela yang tertarik menonton Piala Dunia 2022 di Qatar, berikut harga tiket yang harus diketahui.

  • Harga tiket laga pembuka (Senegal vs Belanda)

Di laga pembuka yaitu Senegal vs Belanda, harga tiket untuk Kategori 1 dibanderol 2.250 Riyal Qatar atau sekitar Rp9,2 juta. Sementara untuk tiket yang termurah khusus warga Qatar dibanderol 200 Riyal Qatar atau Rp800 ribu.

  • Fase Grup

Di fase grup tiket Kategori 1 dijual seharga 1.000 Riyal Qatar atau sekitar Rp4,1 juta. Sementara tiket termurah seharga 350 Riyal Qatar atau sekitar Rp1,4 juta.

  • Babak 16 Besar

Harga tiket dijual seharga 1.000 Riyal Qatar atau setara Rp4,1 juta, dengan tiket termurahnya sebesar 70 Riyal Qatar atau Rp288 ribu.

  • Babak Perempat Final

Untuk babak perempat final, tiket termahal dijual dengan 1.550 Riyal Qatar atau senilai Rp6,3 juta dan tiket termurahnya seharga 300 Riyal Qatar atau sekitar Rp1,2 juta.

  • Babak Semifinal

Harga tiket untuk babak semifinal yang termahal dijual mulai 3.480 Riyal Qatar atau sekitar Rp24 juta, dengan tiket termurah seharga 1.200 Riyal Qatar atau sekitar Rp5 juta.

  • Babak Perebutan Tempat Ketiga

Harga tiket baak perebutan tempat ketiga dijual 1.550 Riyal Qatar atau senilai dengan Rp6,3 juta, dan tiket termurah dijual senilai 300 Riyal Qatar atau Rp1,2 juta.

  • Babak Final 

Pada babak final tikel Piala Dunia 2022 akan dijual 5.850 Riyal Qatar atau setara Rp24 juta untuk tiket termahal. Sedangkan tiket termurahnya dijual sebesar 750 Riyal Qatar atau Rp3 juta. 

 

Penulis: Angela Marici 

#Women for Women

What's On Fimela
Loading