Sukses

Info

Ucapan dan Pesan Menteri Nadiem Merayakan Hari Pendidikan Nasional 2023

Fimela.com, Jakarta Hari Pendidikan Nasional 2023 dirayakan dalam sebuah upacara yang dilakukan oleh Kemendikbud RI pada Selasa, 2 Mei 2023. Tema Hardiknas 2023 sendiri yaitu ‘Bergerak Bersama Semarakkan Merdeka Belajar’.

Menteri Pendidikan Kebudayaan, Pendidikan, Riset, dan Teknologi atau Mendikbudristek Nadiem Makarim, dalam upacara tersebut mengajak pendidik dan peserta didik untuk menyemarakkan program Merdeka Belajar. Merdeka Belajar merupakan program kebijakan dari Kemendikbudristek RI yang dirancang oleh Menteri Nadiem untuk mentransformasi pendidikan, demi terwujudnya sumber daya manusia unggul Indonesia yang memiliki profil Pancasila. 

Merdeka belajar memiliki pendekatan agar siswa dan mahasiswa karena bisa memilih pelajaran yang diminati. Hal ini bertujuan agar para siswa dan mahasiswa bisa mengoptimalkan bakatnya dan bisa memberikan sumbangsih paling baik dalam berkarya bagi bangsa. 

Begitu juga dengan guru, Merdeka Belajar dapat menggali potensi terbesar para pengajar. Termasuk memberikan kemerdekaan pada guru-guru untuk mengajar pada level yang cocok dengan muridnya.

“Berkat gotong-royong yang semakin erat, gerakan Merdeka Belajar, membawa kita semakin dekat dengan cita-cita Ki Hajar Dewantara. Proses belajar yang menyenangkan dan memerdekakan akan melahirkan pembelajar sepanjang hayat. Dengan profil pelajar Pancasila yang berujung pada lahirnya generasi baru SDM unggul, yang siap membangun Indonesia," ujar Menteri Nadiem di akun Instagramnya @nadiemmakarim, Selasa (2/5/2023). 

 

Semarakkan Merdeka Belajar

Dalam video ucapan yang diawali dengan gambar sketsa perwakilan murid SD sampai mahasiswa sampai dosen itu, Nadiem juga mengucapkan terima kasihnya untuk para pendidik. Konsep Merdeka Belajar yang beranjak dari filosofi Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hajar Dewantara tersebut dipercaya akan membawa masa depan pendidikan Indonesia dengan kunci kemandirian.  

“Saya ucapkan terima kasih kepada semua penggerak transformasi pendidikan di seluruh nusantara atas komitmen dan kerja kerasnya. Mari kita jaga semangat ini untuk membawa Indonesia melompat ke masa depan dengan Merdeka Belajar,” lanjut Nadiem. 

 Yang diakhiri dengan ucapan selamat merayakan Hari Pendidikan Nasional. Dengan gerakan serentak, Merdeka Belajar akan semakin semarak. 

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, bergerak serentak, semarakkan Merdeka Belajar.

Pendidikan Tanggung Jawab Bersama

"Pendidikan adalah tanggung jawab bersama yang melibatkan keluarga, sekolah, pemerintah, dan masyarakat. Hanya dengan semangat kebersamaan, kerja keras, dan cerdas, kita dapat memajukan pendidikan untuk menyongsong dan mengelola Indonesia yang maju," begitu ucapan Hardiknas yang disampaikan Presiden Jokowi di akun Instagram @jokowi, Selasa (2/5/2023). 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading