Sukses

Info

Ketahui Definisi Kecerdasan Karakteristik, dan Kegiatan untuk Mengembangkannya

Fimela.com, Jakarta Sering kali kecerdasan didefinisikan sebagai suatu kemampuan memperoleh dan menyerap informasi dengan baik. Akan tetapi, Kecerdasan sendiri memiliki berbagai macam jenis, salah satunya adalah kecerdasan kinestetik.

Secara umum, kecerdasan kinestetik didefinisikan sebagai kemampuan dimana orang akan menerima informasi melalui gerakan fisik. Contohnya saat kita lahir dan masih bayi, cara kita untuk mengetahui cara untuk berjalan dan berbicara adalah dengan mempelajari bagaimana cara orang dewasa bergerak dan melakukan kegiatan fisik.

Kecerdasan Kinestetik adalah salah satu dari 8 tipe kecerdasan berdasarkan teori kecerdasan yang ditemukan oleh Ganda Howard Gardner. 

“kemampuan untuk memecahkan masalah atau menghasilkan produk yang penting dalam konteks budaya atau komunitas tertentu,” ujar Ganda Howard Gardner saat mendefinisikan kecerdasan yang dikutip dari Learningbp.com. 

Dilansir oleh Learning bp.com, Gardner mendeskripsikan kecerdasan kinestetik sebagai kemampuan yang mampu memecahkan masalah atau menciptakan produk dengan menggunakan tubuh. Dimana kecerdasan ini mencangkup mulai dari kecerdasan kekuatan, daya tahan, fleksibilitas, keseimbangan, ketangkasan, gerakan, ekspresi, dan bahasa tubuh.

Menambahkan, menurut peneliti Swiss Jean Piaget, mengungkapkan bahwa selama 2 tahun pertama kehidupan manusia, pemikiran baru terbentuk. Oleh karena itu, para peneliti menemukan bahwa postur tubuh dapat memainkan peran dasar dalam perolehan atau penghambat dari prestasi akademik siswa. Hal ini dapat disimpulkan bahwa postur tubuh buruk dapat mempengaruhi potensi kognitif saat belajar dan bekerja. 

 

 

Karakteristik Kecerdasan Kinestetik

Mungkin saja semua orang yang ada di dunia ini memiliki kecerdasan kinestetik. Akan tetapi berikut adalah 4 karakteristik dari orang memiliki kecerdasan kinestetik menurut Learningbp.com.

Kembangkan ide-ide kreatif saat berolahraga

Seseorang yang memiliki kecerdasan kinestetik biasanya selalu membawa buku catatan atau memiliki catatan khusus pada ponsel mereka untuk mengumpulkan ide-ide yang muncul saat mereka berolahraga khususnya saat melakukan aktifitas seperti gym dan berlari.

Mereka menyukai aktivitas yang berhubungan dengan relaksasi dan kontak dengan tubuh

Orang-orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya akan bekerja jika ada relaksasi dan kesadaran pikiran, serta tubuh khususnya pada postur tubuh, peregangan, dan latihan. Dimana pada akhirnya tindakan inilah yang secara tidak langsung akan mengembangkan kecerdasan kecerdasan kinestetik.

Minat yang tinggi dalam bisnis yang berhubungan dengan kreasi

Orang-orang kinestetik akan jauh lebih menikmati untuk memamerkan kreasi dan suka berbagi hobi yang selalu mengkolaborasikan dengan seni seperti lukisan dan kerajinan tangan. 

Bahkan saat mereka memiliki waktu kosong mereka akan menghabiskannya dengan membuat seni dari tanah liat, cat, dan berbagai macam kreasi yang dibuat dengan tangan.

Menyukai permainan

Selain menyukai dan menikmati aktifitas yang berkecimpungan dengan gerak tubuh orang yang memiliki kecerdasan kinestetik akan menyukai permainan seperti teka teki, pantomim, dan permainan peran. Intinya sesuatu yang menggunakan gerak tubuh serta emosi.

 

 

Kegiatan untuk mengembangkan

Ada banyak sekali aktivitas yang dapat membantu kalian untuk mengembangkan kecerdasan kinestetik anda. Akan tetapi Learningbp.com ada menyarankan 3 aktifitas yang dapat membantu meningkatkan kecerdasan kinestetik, seperti.

Aktivitas bela diri

Mempelajari seni beladiri bukan hanya dapat membantu anda untuk melindungi diri saat dalam masalah yang mengancam keselamatan. Melainkan kamu akan belajar untuk mengendalikan pikiran dan emosi diri. Dengan cara itulah kita akan mengembangkan rasa tanggung jawab dari sisi karakter, dan disiplin. 

Kalian bisa mencoba untuk mengikuti kelas beladiri seperti karate, taekwondo, judo, dan lain-lain.

Kelas menari

Selain akan membantu kamu untuk meningkatkan kecerdasan kinestetik, belajar menari akan membantu kamu untuk belajar menari sesuai dengan irama yang berbeda dan dapat mendorong kamu untuk bertemu serta berkenalan dengan banyak orang. Dimana aktifitas ini akan membantu anda untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal dan meningkatkan kepercayaan diri, serta harga diri.

Belajar bahasa isyarat

Jika anda memiliki tipe kecerdasan kinestetik yang kurang menyukai aktivitas yang menyebabkan banyak keringat. Kamu bisa memulai dengan mengambil kursus atau belajar mandiri bahasa isyarat. Dengan cara inilah kamu dapat mengembangkan kecerdasan kinestetik jasmani. Secara bersamaan kamu akan menjadi salah satu bagian dari perkembangan inklusivitas khususnya untuk orang-orang yang memiliki permasalahan fungsional tubuh.

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

#Breaking Boundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading