Sukses

Info

Jaga Rumah Agar Tetap Segar, Begini Cara Mengolah Kulit Buah Menjadi Pengharum Ruangan

Fimela.com, Jakarta Menjaga kesegaran rumah merupakan salah satu tindakan yang harus diperhatikan oleh seluruh pemilik rumah. Apalagi akhir akhir ini khususnya di Indonesia kualitas udara yang ada tidaklah bagus. Maka dari itu salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menjaga kualitas aroma ruangan agar tetap segar.

Beberapa dari kita mengetahui bahwa tidak semua pengharum ruangan yang dijual di supermarket memiliki ketahanan atau aroma yang sesuai dengan keinginan kita masing masing. Meskipun ada beberapa pengharum ruangan yang dapat memancarkan aroma segar yang sesuai dengan keinginan kita, tetapi ketahanan dari pewangi tersebut biasanya tidak dapat bertahan dengan lama. 

Maka dari itu sahabat FIMELA, berikut adalah tips membuat pengharum ruangan yang dapat membuat ruangan memiliki aroma segar dengan berbahan dasar kulit buah khususnya kulit jeruk.

Selain dari memiliki rasa yang enak saat dikonsumsi, Jeruk Faktanya dapat memberikan banyak sekali manfaat mulai dari untuk kesehatan, kecantikan, makanan, dan pengharum ruangan. Maka dari itu kulit jeruk yang Kamu miliki sebaiknya jangan dibuang terlebih dahulu karena bisa digunakan untuk pewangi ruangan.

 

 

Pengharum untuk wastafel cuci piring

Pengharum untuk wastafel cuci piring

Pertama adalah pengharum ruangan Yang dibikin secara khusus untuk memberikan aroma yang baik untuk wastafel di rumah. Memang faktanya kita sering mencuci dan membersihkan wastafel kita khususnya saat mencuci piring. Akan tetapi tidak bisa dipungkiri aroma aroma tidak segar akibat dari sayur sayuran, Makanan yang busuk dan lain lain. 

Maka dari itu solusi yang tepat adalah dengan menggunakan kulit Lemon, Jeruk nipis, dan jeruk biasa untuk membuat pengharum wastafel dalam bentuk es batu. Di mana pewangi untuk wastafel ini akan memberikan aroma yang segar untuk wastafel dan dapat memberikan suasana dapur yang bersih dan nyaman untuk dicium.

Berikut adalah resep pengharum wastafel.

  1. Kupaslah kulit lemon, kulit jeruk, dan kulit jeruk nipis,
  2. Sisakan sedikit serat-serat butiran jeruk dengan kulit, kemudian potong kecil-kecil kulit tersebut,
  3. Campurkan kulit jeruk yang sudah dipotong kecil kecil dengan air 500 ml,
  4. Setelah memastikan kalau air dan kulit jeruk menyatu. Tuang campuran tersebut Merata ke dalam cetakan es batu,
  5. Bukukan selama dua jam dan kemudian siap dipakai.

Setelah siap dipakai meletakkan Balok es batu ini di wastafel kamu, kemudian biarkan sampai mencair. Alhasil kamu akan mendapatkan aroma dapur yang menyegarkan. Selain dapat diletakkan di wastafel cuci piring kamu juga bisa memasukkan campuran ini ke dalam kamar mandi.

 

 

 

 

Penyegar udara musim gugur

Siapa yang tidak suka dengan jeruk Mandarin. Semua orang menyukai aroma dan rasa yang diberikan oleh jeruk Mandarin. Untuk mengurangi sampah makanan yang ada di rumah, kulit jeruk bekas makan jeruk Mandarin bisa digunakan dan diolah kembali sebagai pengharum ruangan.

Bahan bahan yang dibutuhkan untuk membuat pengharum ruangan varian ini adalah Kulit jeruk Mandarin, kayu manis, dan air. Satu bahan tambahan yaitu kayu manis, digunakan karena kayu manis dapat memberikan aroma rumah kamu seperti saat di musim gugur dan akan terasa nyaman. Bahkan baunya dapat membuat kamu rela untuk tidur di rumah dengan selimut dan film.

Tidak perlu berlama lama lagi, berikut adalah resep dari pengharum ruangan yang memberikan aroma musim gugur.

  1. Pengharum ini akan menggunakan kira kira tiga buah kulit jeruk Mandarin, 
  2. Masukan kulit ke dalam panci yang berisikan 50 ml air,
  3. Tambahkan satu sendok bubuk kayu manis,
  4. Biarkan mendidih selama 5 min,
  5. Setelah dingin, masukan campuran tersebut ke dalam toples tanpa penutup.

Jika racikan pewangi ini sudah selesai, kamu bisa meletakkan toples yang berisikan pewangi ini di rumah kamu. Jangan lupa untuk tidak menutup toples ini. 

Penulis: FIMELA Sherly Julia Halim

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading