Sukses

Info

Ahli Berikan Tips Untuk Menggunakan Threads dengan Bijak di Aplikasi Versi Terbaru

Fimela.com, Jakarta Beberapa waktu lalu Threads merilis versi Web baru yang memungkinkan pengguna akhirnya mencari konten dan menggunakan fitur lain dari perangkat desktop mana pun. Menurut statistik Similarweb, audiens bulanan Threads saat ini adalah 13,2 juta.

Sebelum keluar dalam bentuk website, Threads sempat membuat heboh jagat raya karena aplikasi ini memiliki fitur yang mirip dengan Twitter yang di mana kamu dapat mengirim cuitan di beranda dan mengupload gambar sama seperti Twitter. Keluarnya Threads juga bersamaan dengan perubahan aturan Twitter yang membuat pengguna kesal dan ramai-ramai meninggalkan Twitter demi mencari aplikasi yang lebih baik. Dan salah satu aplikasi yang saat itu diakses oleh banyak orang adalah Threads ini. 

Hingga saat ini Threads masih digunakan. Bagi mereka yang masih menggunakan Threads, para ahli dari Kaspersky telah menyusun daftar tips tentang cara menggunakan platform tersebut dengan aman, data pribadi tetap terlindungi, dan terhindar dari para scammers.

Ketahui bagaimana pengaturan keamanan Threads beroperasi

Hal penting yang perlu diketahui mengenai pengaturan keamanan di Threads:

1 Threads menawarkan Pemeriksaan Keamanan

Fitur ini menampilkan data penting terkait keamanan tentang akun Threads, Instagram, atau Facebook. Ini mencerminkan alamat email yang terhubung saat ini, nomor ponsel, terakhir kali kata sandi diubah dan apakah otentikasi dua faktor (2FA) aktif atau tidak.

2 Jangan lupa untuk menyiapkan 2FA

Threads terhubung ke profil Instagram kamu dan menggunakan detail login yang sama, jadi harus ingat: satu kata sandi memberikan akses ke dua akun! Penggunaan 2FA menjadi lapisan keamanan yang melindungi akun dari akses tidak sah selalu lebih aman. Pengelola kata sandi modern yang andal juga dapat membuat dan menyimpan kata sandi unik satu kali untuk 2FA, itulah mengapa kamu tidak perlu memasang dan menggunakan solusi terpisah untuk autentikasi.

3 Tidak mungkin untuk menghapus akun Threads sendirian

Profil Instagram yang tertaut juga akan dihapus karena Pengguna hanya dapat menonaktifkan akun mereka, yang berarti semua datamu akan disembunyikan dari pengguna jejaring sosial lainnya. Jadi, secara praktis tidak jauh berbeda dengan penghapusan. Untuk melakukan ini, pengguna perlu membuka Pengaturan - Akun -  Nonaktifkan profil dan tekan Nonaktifkan profil Threads.

Kamu bisa mengatur privasi di Threads, begini caranya

Di aplikasi Threads, kamu bisa batasi pengguna yang dapat menghubungimu dengan cara: membisukan, membatasi, atau memblokir mereka.

Jika tidak ingin melihat postingan seseorang, kamu dapat menonaktifkan pengguna tersebut. Jika tidak ingin menerima pemberitahuan tentang tindakan seseorang seperti menyukai, membalas, dan sebagainya. kamu dapat membatasi pengguna tersebut. Jika memblokir pengguna, mereka tidak akan dapat menemukan profil atau akunmu – daftar pengguna yang diblokir dibagikan antara Threads dan Instagram. Untuk membisukan, membatasi, atau memblokir seseorang, buka profilnya, klik tiga titik di sudut kanan atas dan pilih tindakan (action).

Untuk memperkuat tingkat privasi di akun Threads kamu, kamu dapat memantau dan mengatur siapa yang dapat menyebutmu di postingan dengan simbol ‘@’. Threads mencoba melawan bahasa yang menyinggung, sehingga pengguna dapat memfilternya dalam tanggapan terhadap postingan mereka. Platform menawarkan beberapa alat, seperti pemfilteran otomatis dengan daftar bawaan atau menambahkan frasa dan kata tertentu secara manual.

Pentingnya mempelajari aplikasi sebelum menggunakannya apalagi dalam jangka yang panjang

“Munculnya jejaring sosial baru dengan cepat menciptakan keinginan untuk mengeksplorasi sesuatu yang baru, berbagi teks, gambar, dan video, sambil berinteraksi dengan miliaran orang lainnya. Pada saat yang sama, sebelum mendaftar, setiap orang yang menggunakan Threads perlu meluangkan beberapa menit untuk mempelajari alat baru yang disediakan oleh interaksi sosial ini.” komentar Anna Larkina, pakar analis konten web di Kaspersky.

Mengejutkannya ternyata Threads tidak dapat dihapus secara sembarangan. Jika menghapus akun Threads, akun Instagram akan ikut terhapus. Pengguna diharapkan untuk memperhatikan kebijakan dari aplikasi sosial media terkait hal ini. “Kami menyarankan Anda terlebih dahulu memperhatikan kemampuan untuk menghapus akun (yang mengejutkan, tidak semua jejaring sosial memudahkan untuk melakukan hal ini) dan tingkat perlindungan akun (2FA, pengaturan privasi). Biasakan diri Anda dengan Kebijakan Privasi jejaring sosial untuk memahami apa yang terjadi pada semua postingan dan foto Anda setelah dipublikasikan, dan betapa mudahnya menghapusnya.” lanjut Anna. 

Dalam sosial media sendiri, pengguna juga harus hati-hati untuk meminimalisir risiko “kejahatan” yang berkaitan dengan akun sosial media. “Perlu diingat bahwa kebocoran data, peretasan akun, pengumpulan pemasaran, dan analisis data pengguna, yang tidak selalu berbahaya, adalah hal biasa saat ini. Untuk meminimalkan risiko menjadi korban peretasan dan tidak meningkatkan jejak digital Anda yang sudah berskala besar, Anda perlu mempelajari persyaratan layanan baru sebelum mendaftar,”  tambah Anna.

 

 

Penulis: Tisha Sekar Aji

Hashtag: #Breaking Boundaries 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading