Sukses

Info

4 Akun Media Sosial yang Aktif Dukung Teman Penyandang Disabilitas

Fimela.com, Jakarta Sahabat Fimela, tanggal 3 Desember kemarin diperingati sebagai Hari Disabilitas Internasional. Dilansir dari website resmi Kemenko PMK, saat ini, jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 97 juta jiwa atau sekitar 8,5% dari jumlah penduduk Indonesia. 

Para penyandang disabilitas sering kali mengalami keterbatasan akses pendidikan, lapangan pekerjaan, kesehatan, dan lainnya. Meskipun begitu, keterbatasan bukan menjadi halangan bagi teman difabel untuk menjalani hidup yang produktif. Banyak teman penyandang disabilitas yang bisa bekerja dan menghasilkan karya. Akan tetapi, tidak sedikit pula orang-orang yang meremehkan keterampilan yang dimiliki teman-teman difabel karena keterbatasannya.

Teman penyandang disabilitas membutuhkan dukungan dan akses yang memadai untuk bisa menjalani hidup yang produktif. Tentunya, masih banyak orang-orang berjasa yang menyediakan platform untuk memfasilitasi teman penyandang disabilitas untuk menjalani hidup yang bermanfaat bagi dirinya sendiri dan orang lain. Pada era digital ini, banyak akun-akun media sosial yang memiliki manfaat untuk kehidupan manusia, termasuk untuk teman difabel.

Berikut adalah akun di media sosial, khususnya di Instagram, yang mendukung teman penyandang disabilitas untuk menjadi produktif. Yuk, simak informasi selengkapnya!

1. Kerjabilitas (@kerjabilitas)

Akun Instagram yang selalu aktif mendukung  teman penyandang disabilitas adalah @kerjabilitas. Kerjabilitas merupakan sebuah platform yang memfasilitasi teman-teman difabel untuk mencari pekerjaan. Kerjabilitas menghubungkan penyandang disabilitas dengan penyedia kerja inklusi di Indonesia. 

Pada akun Instagram resminya, Kerjabilitas biasanya membagikan info-info lowongan pekerjaan inklusif. Selain itu, Kerjabilitas juga membagikan tips-tips bermanfaat untuk mengembangkan karir.  

2. Difabelzone Indonesia (@difabelzone.id)

Difabelzone Indonesia merupakan sebuah komunitas yang aktif mendukung kreativitas teman-teman penyandang disabilitas. Berdiri sejak tahun 2015, Difabelzone Indonesia menjadi wadah bagi difabel untuk menyalurkan karyanya sekaligus menjualnya.

Pada akun Instagram resminya, Difabelzone Indonesia membagikan karya-karya yang dibuat oleh teman-teman difabel. Beberapa karya tersebut di antaranya adalah totebag, kain batik, pouch, dan lukisan. Selain itu, Difabelzone juga kerap membagikan dokumentasi kegiatan workshop rutin yang diadakan untuk teman penyandang disabilitas.

3. Koneksi Indonesia Inklusif (@konekindonesia)

Selanjutnya, akun yang selalu aktif mendukung teman disabilitas adalah Koneksi Indonesia Inklusif @konekindonesia. Koneksi Indonesia Inklusif merupakan sebuah platform edukasi dan pemberdayaan disabilitas. 

Pada akun Instagram resminya, Konek Indonesia menghadirkan kegiatan kelas ataupun show yang diisi oleh teman difabel. Selain itu, Koneksi Indonesia Inklusif juga membagikan informasi seputar tips dan kisah yang dapat menginspirasi teman penyandang disabilitas.

4. Yayasan Berdaya Menembus Batas (@menembusbatasid)

Terakhir, akun Instagram yang aktif mendukung teman penyandang disabilitas adalah Yayasan Berdaya Menembus Batas dengan username @menembusbatasid. Berdiri sejak 2011, Yayasan Berdaya Menembus Batas merupakan sebuah komunitas yang memberdayakan teman difabel untuk independen secara ekonomi. 

Pada akun Instagram resminya, Menembus Batas membagikan informasi seputar membangun karir, seperti pelatihan kewirausahaan, tips karir, lowongan pekerjaan, dan pelatihan-pelatihan soft skill-lainnya. Selain itu, Menembus Batas juga membagikan informasi menarik seputar disabilitas.

 

Penulis: Denisa Aulia.

#BreakingBoundaries

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading