Sukses

Info

Tak Banyak yang Tahu, 1 Bahan Dapur Ini Ternyata Efektif Halau Semut Masuk Rumah

Fimela.com, Jakarta Semut sering kali muncul di rumah tanpa diundang, dan terdapat ribuan spesies di dunia (menurut theconversation.com). Mereka tertarik datang ke rumah karena berbagai alasan, seperti membuat sarang atau mencari makanan, terutama yang manis seperti gula, kue, dan buah. Ada berbagai cara untuk mencegah kedatangan semut, seperti membersihkan rumah secara teratur, menabur rempah-rempah di sudut-sudut, dan penggunaan cairan kimia.

Namun, terkadang orang bisa lengah, dan gerombolan semut masuk ke dalam rumah. Jika tidak ditangani dengan baik, semut sulit diusir dan mungkin akan kembali lagi. Untungnya, ada trik sederhana yang dibagikan oleh warganet bernama Yunita. Menurutnya, trik ini efektif mengusir semut, dan bahan yang digunakan mudah didapat dengan harga terjangkau. Dengan menggunakan trik ini, ia mengklaim semut tidak lagi muncul kembali setelahnya.

Yuk simak informasi selengkapnya, dikutip dari salah satu pengguna TikTok, @yunita_ys dan berbagai sumber, pada Jumat (22/12/2023).

Bahan Dapur yang Digunakan?

Dalam video TikToknya, @yunita_ys, ia membeberkan bahwa triknya adalah menggunakan tepung maizena. Caranya, taburkan tepung maizena secukupnya di lantai atau meja yang didatangi oleh gerombolan semut. 

Tak perlu menggunakan terlalu banyak agar tidak sulit membersihkannya nanti. Ternyata, semut memiliki ketakutan terhadap bahan masakan yang terbuat dari jagung, seperti tepung maizena ini.

Langkah Lebih Lanjut

Biarkan tepung maizena tersebar di sekitar semut sampai semut menghilang. Umumnya, semut akan pergi dengan sendirinya dalam waktu sekitar tiga menit. Menurut pestweek.com, tepung maizena dianggap efektif dalam membasmi semut. 

Tepung ini dapat membentuk lapisan tebal di dalam perut semut saat mereka mengonsumsinya. Sebagai hasilnya, jika tersebar di sekitar koloni semut, semut cenderung pergi karena takut atau bahkan mati setelah mengonsumsi tepung tersebut.

Manfaat Tepung Maizena untuk Tanaman

Ternyata, tepung maizena, yang berasal dari serat jagung, memiliki sejumlah manfaat yang bermanfaat untuk tanaman. Berikut adalah manfaat tepung maizena untuk tanaman, informasi ini dikutip dari Balcony Garden Web.

1. Mengusir Hama

Taburkan tepung maizena pada daun tanaman untuk mengatasi ulat dan serangga. Pendekatan bebas bahan kimia ini dapat membuat serangga lemah dan menghambat pergerakan mereka di batang dan daun.

2. Sebagai Pupuk

Selain untuk menghalau semut, tepung maizena juga dapat digunakan sebagai pupuk yang baik untuk rumput. Kandungan 10% nitrogen dalam tepung maizena menjadi komponen nutrisi esensial bagi pertumbuhan rumput. 

Caranya pun sangat sederhana, cukup dengan menyebarkan 5 kg tepung maizena atau gluten jagung di area seluas 92 meter persegi. Selanjutnya, siram dengan baik dan saksikanlah rumput hijau subur yang diberikan nutrisi dari bahan dapur ini.

Kegunaan Tepung Maizena untuk Apa Saja?

Menurut informasi dari halodoc yang ditinjau oleh dr. Rizal Fadli, tepung maizena adalah tepung yang terbuat dari endosperma biji jagung. Ini sering jadi bahan pengental dalam makanan seperti saus, sup, dan semur. Beberapa koki juga menggunakan tepung ini sebagai pengganti tepung lain untuk mendapatkan konsistensi yang diinginkan dalam resep tertentu.

Apa Manfaat Tepung Maizena untuk Kulit?

Tepung maizena bisa dimanfaatkan untuk meredakan iritasi pada kulit, termasuk sunburn dan alergi kulit.

Apa Bedanya Tepung Maizena dan Tepung Tapioka?

Tepung ini berasal dari pati singkong. Proses pembuatan tepung tapioka melibatkan beberapa tahap, termasuk endapan sari pati yang harus menunggu beberapa hari sebelum diolah melalui proses penggilingan. Sedangkan, tepung maizena diperoleh dari biji jagung.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading