Sukses

Info

Sepak Terjang Megawati Hangestri, Atlet Voli Asal Jember yang Jadi Pemain Asing Pertama Peraih MVP di Liga Korea

Fimela.com, Jakarta Nama Megawati Hangestri Pertiwi sempat viral di media sosial jelang akhir tahun 2023. Atlet voli asal Jember itu jadi sorotan lantaran berhasil mencetak sejarah baru dalam dunia voli internasional saat bertanding di Liga Voli Korea 2023-2024. Megawati berhasil menjadi pemain asing Asia pertama yang meraih gelar MVP.

Dalam sebuah video, Megawati terlihat meraih 31 poin melalui serangan smasnya yang memukau. Keberhasilan inipun membuat Megawati diganjar penghargaan sebagai MVP atau Most Valueable Player putaran pertama Liga Voli Putri Korea 2023/2024.

Prestasi cemerlang Megawati di dunia voli internasional bukan pekerjaan sehari semalam. Ia mulai meniti perjalanan panjangnya pada 2021 ketika debut internasional bersama klub Thailand Supreme Chonburi-E Tech. Di 2022, Megawati berpindah rumah untuk memperkuat tim Vietnam Hà Phú Thanh Hóa dan sekaligus memperpanjang portofolionya di kancah internasional. Di Liga Voli Korea Selatan, Megawati bergabung dengan klub Daejeon ChengKwanJang Red Sparks.

Sebelum memperkuat tim internasional, Megawati sendiri memulai karier profesionalnya dengan bergabung dengan tim Jakarta Pertamina Energi pada musim 2015-2016. Kemudian Megawati mendapatkan kesempatan pertama membawa nama Indonesia ke kancah internasional dengan memperkuat Timnas Voli Putri Indonesia di ajang SEA Games 2017.

 

Hadapi tantangan dan pengorbanan

Mengutip dari Liputan6.com, Megawati pernah menuturkan pencapaian kariernya sebagai atlet voli saat ini telah melewati banyak tantangan dan pengorbanan. Namun dengan bangga, ia menyatakan bahwa ia telah berhasil membawa nama Indonesia bersinar di kancah internasional.

Megawati sendiri terkenal sebagai atlet voli yang memiliki serangan smash yang kuat bahkan sulit diantisipasi lawan. Gaya bermainnya bahkan disebut mirip dengan mesin pencetak poin yang membuatnya menjadi salah satu atlet voli putri yang patut diperhitungkan.

"Latihan kami sangat intens sampai nangis-nangis, tapi saya sangat senang bahwa kami mampu memenuhi harapan pelatih untuk memberikan pertunjukan yang meraih kemenangan dalam pertandingan pembuka. Saya akan terus bekerja keras untuk menunjukkan kemampuan saya yang luar biasa dan memberikan kebahagiaan kepada para penggemar saya," ungkapnya.

 

Dijuluki Megatron

Menjadi MVP di Liga Voli Korea 2023/2024 adalah satu dari sederet penghargaan yang pernah diterima Megawati. Sebelumnya, Megawati juga sempat mendapatkan penghargaan sebagai Best Server ASEAN Grand Prix 2019, Best Scorer Asian Qualification Summer Olympics, Best Server Proliga, Best Opposite Spiker ASEAN Grand Prix 2022, MVP Livoli Divisi Utama 2022, Medali Perunggu di SEA Games 2023, dan Best Opposite Spiker Asian Challenge Cup 2023. Dua penghargaan MVP di Liga Voli Korea Selatan 2023/2024 jadi puncak pencapaian Megawati.

Memperkuat Red Sparks di Liga Voli Korea memberikan dampak besar pada penampilannya. Terbukti dengan keberhasilan Megawati membawa kemenangan untuk timnya dengan skor 3-0. Keberhasilan ini membuat Megawati jadi pusat perhatian, terlebih ia merupakan pemain voli asing berhijab pertama di Korea Selatan. Sempat dianggap remeh tak menghalangi semangat Megawati untuk meraih penghargaan sebagai MVP di pertandingan ini.

Di Korea, Megawati telah mendapatkan julukan baru, yaitu "Indonesia Spike." Namun, dia dengan tegas menyatakan bahwa julukan favoritnya adalah "Megatron."

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading